Gol dan “assist” Ezra Walian Bawa Indonesia Tundukan Myanmar 4-1

Penyerang tim nasional Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa 16 November 2021 lalu. ANTARA/Michael Siahaan/aa.

JAKARTA- Satu gol dan assist dari penyerang Ezra Walian membawa tim nasional Indonesia menang dengan skor 4-1 atas Myanmar pada laga persahabatan di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis 25 November 2021 malam WIB.

Disaksikan melalui siaran resmi pertandingan di Jakarta, Ezra membuat assist untuk gol pertama Indonesia yang dibuat Ricky Kambuaya, lalu melesakkan gol keempat skuad “Garuda” via titik putih.

Dua gol Indonesia lainnya dihadirkan Irfan Jaya dan Witan Sulaeman. Sementara gol tunggal Myanmar diciptakan Hlaing Bo Bo.

Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan baik. Dalam satu skema serangan, pada menit kelima, Ezra Walian bergerak melebar ke sisi kanan dan mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti.

Ricky Kambuaya yang sudah menunggu di depan gawang menyundul bola masuk dan membuat Indonesia memimpin 1-0.

Tujuh menit kemudian, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong menggandakan skor. Kali ini, Irfan Jaya menjadi eksekutor setelah memanfaatkan umpan terobosan bek tengah Alfeandra Dewangga.

Myanmar sempat menguasai laga dan membuat beberapa peluang, tetapi justru Indonesia mampu menghadirkan gol ketiga pada menit ke-33.

Witan Sulaeman yang berlari dari kanan mendapatkan operan Ricky Kambuaya. Witan yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan melesakkan bola ke gawang dengan kaki kanannya.

Skor 3-0 pun bertahan sampai laga memasuki masa turun minum.

Pada babak kedua, tekanan dari Indonesia belum juga mengendur. Hal tersebut membuat pemain Myanmar menyentuh bola dengan tangan di area terlarang.

Ezra maju sebagai penendang penalti pada menit ke-55 dan tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Indonesia pun unggul 4-0.

Pada menit ke-73, Myanmar mengurangi jarak setelah Hlaing Bo Bo menjebol gawang Muhammad Riyandi.

Skor berubah menjadi 4-1 dan bertahan sampai pertandingan usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Muhammad Riyandi-pg, Asnawi Mangkualam (78′, Marckho Merauje), Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan (78′, Edo Febriansyah), Rachmat Irianto (66′, Ahmad Agung), Evan Dimas (kapten, 66′ I Kadek Agung), Ricky Kambuaya, Irfan Jaya (66′, Kushedya Yudo), Witan Sulaeman, Ezra Walian (66′, Ramai Rumakiek).

Myanmar: Pyae Phyo Ayng (pg), Nyein Chan, Zaw Ye Tun, David Htan, Win Moe Kyaw, Hlaing Bo Bo, Maung Maung Win, Aung Kaung Mann (46′, Than Paing), Yan Naing Oo (59′, Lwin Moe Aung), Maung Maung Lwin (kapten, 59′, Htet Phyo Wai), Suan Lam Mang.

(Antara)