HUT PGRI : Guru, Penerang Bagi Bangsa dan Negara

DEDDY/BERITA SAMPIT : Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri,ST menyerahkan, piagam penghargaan kepada Fitri Wahyuni Ningsih, S.Pd SD sebagai Juara 1 Video Pembelajaran.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri memimpin upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Ke-76. Kamis, 25 November 2021 bertempat dihalaman SMA-1 Buntok.

Bupati saat membacakan sambutan, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Ke-76 mengatakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah sebagai rumah besar perjuangan para guru, pendidik dan tenaga kependidikan yang terus bergerak, mengabdi dan memperbaharui diri.

Dikatakannya tahun 2021 memasuki tahun kedua yakni dalam suasana Pandemi Covid-19 dimana penanganan pandemi di tanah air sangat mengembirakan sehingga memungkinkan sekolah diberbagai penjuru tanah air kembali melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas.

“Yang dilakukan secara luring maupun bauran, dengan pembelajaran daring dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat sesuai dengan peraturan Pemerintah,”Katanya.

BACA JUGA:   APBD Provinsi Kalteng untuk Pembangunan Barsel Mencapai Rp 100 Miliar

Menurutnya hal tersebut, dikarenakan tidak ingin sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 oleh karena itu keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama.

“Maka dengan kembali dibukannya sekolah, diharapkan dapat menekan angka learning loss dan meminimalisasi terjadinya lost generation pada anak didik kita,”Jelas Eddy Raya Samsuri.

Ditambahkannya, PGRI sebagai organisasi profesi merupakan kekuatan moral intelektual para guru, pendidik dan tenaga kependidikan dalam perjuangan mengangkat harkat martabat anggotanya.

Bahkan PGRI lebih mengedepankan sikap terbuka atau inklusif, memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik dan non partisan.

“Selain itu juga, terus menjaga kemitraan yang strategis dengan Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta menjadi saluran aspirasi para anggotanya dan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional,”Terangnya.

BACA JUGA:   BMKG Barsel: Puncak Musim Hujan Januari Hingga Maret

Mengakhiri sambutannya orang nomor satu di Kabupaten Barsel ini saat membacakan membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd mengucapkan selamat HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

“Kepada para guru di seluruh tanah air, semoga dedikasi dan pengabdiannya menjadi suluh penerang bagi bangsa, negara, kemanusiaan serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,”Pungkas Eddy Raya Samsuri.

HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Ke-76 yang digelar dihalaman SMA-1 Buntok tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, Unsur Forkopimda Barsel, Sekda Barsel Eddy Purwato, A.P, M.Si, Ketua PGRI dan Pengurus Barsel dan seluruh Kepala SOPD Barsel.

(Ded/beritasampit.co.id)