Kembali Ngantor, Camat Katingan Kuala Terpilih jadi Kepala Desa

Ilustrasi Pilkades

KASONGAN – Camat Katingan Kuala H Surianto terpilih menjadi kepala desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan Kuala, Katingan. Selasa, 23 November 2021.

Sebelum mencalon, Ia mengambil cuti sebagai Camat Katingan Kuala untuk fokus mencalonkan diri di Pilkades. Sedangkan sebagai pengganti seorang pelaksana tugas dari Kabupaten Katingan, Hariawan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H Alpian Nor melalui Kasi Bina Administrasi Pemerintahan Desa, Hariadi Utomo, membenarkan bahwa Camat Katingan Kuala terpilih menjadi Kepala Desa Kampung Keramat.

Ia mengatakan tiada larangan untuk ASN berpartisipasi dalam Pilkades dengan beberapa ketentuan seperti mengambil cuti, bersedia meletakan jabatan saat dilantik dan aturan lainnya.

BACA JUGA:   Pemuda Diajak Siapkan Diri Hadapi Bonus Demografi

“Selama memenuhi semua peraturan berlaku, siapapun diperbolehkan,” ungkapnya, Kamis 25 November 2021.

Terpisah Plt Camat Katingan Kuala Hariawan mengatakan bahwa dirinya per tanggal 25 November 2021 sudah tidak lagi bertugas di Katingan Kuala, Lantaran Camat Lama yang mengambil cuti sudah kembali bekerja.

“Per tanggal 25 November pak Surya kembali ngantor, mustahilkan camatnya ada dua,” ujar Hariawan yang mengaku sedang dalam perjalanan pulang dari Katingan Kuala.

BACA JUGA:   Banjir Katingan, Antrean Panjang Masih Terjadi di Km 14

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Katingan Kuala Iptu Made Suta yang menerangkan bahwa pelaksanaan Pilkades di wilayahnya berjalan lancar dan damai.

“Proses pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan betul pak H Surya terpilih menjadi kades Kampung Keramat. Ada 4 calonnya kemaren,” singkatnya.

Sedangkan ketika dikonfirmasi H Surya yang merupakan kades terpilih belum memberikan jawaban.

Dari informasi yang dihimpun H Surya masih tercatat aktif menjadi Aparatur Sipil Negara dan masih mendukuki jabatan Camat.

(Kawit/beritasampit.co.id)