Kembangkan Destinasi Wisata Desa di Kobar, PT Astra Agro Lestari Tbk Sumbang 4 Ekor Kuda

MAN/BERITA SAMPIT - Rentetan acara serah terima 4 ekor kuda tunggang dari PT. Astra Agro Lestari Tbk, yang diterima oleh Sekda Kobar Suyanto.

PANGKALAN BUN – PT. Astra Agro Lestari Tbk menyumbang 4 ekor Kuda Jantan Tunggang (KJT) untuk pengembangan Destinasi Wisata Desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Acara serah terima 4 ekor kuda dilakukan Triyanto Community Development Area Manager (CDAM) PT. Astra Agro Lestari Tbk Kalimantan Tengah (Kalteng) kepada Sekda Kobar Suyanto, Jumat 26 November 2021.

Triyanto dalam sambutannya mengatakan ke 4 ekor kuda salah satu CSR dari perusahaan, yang disumbangkan kepada Pemkab Kobar dalam rangka menumbuhkembangkan destinasi wisata desa.

“Saat ini destinasi wisata desa di Kabupaten Kobar sedang berkembang menyusul di beberapa desa sudah dibangun embung semacam danau, seperti di Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Banteng,” kata Triyanto.

Menurut Triyanto, menyumbang peliharaan ternak berupa kuda kepada Pemkab Kobar baru kali pertama. “Semoga dengan adanya sarana baru berupa 4 kuda tunggang ini, perkembangan destinasi wisata di desa di Kabupaten Kobar semakin maju,” harap Triyanto.

BACA JUGA:   Pos TNI AL Kumai Gelar Lomba LKBB Tingkat Pelajar

Suyanto pada acara serah terima 4 ekor kuda mewakili Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, pada waktu yang sama ada acara Penanaman 1000 bibit pohon. “Untuk itu beliau menyampaikan mohon maaf,” katanya.

Saat ini perkembangan Destinasi Wisata Desa di Kabupaten Kobar semakin berkembang pesat. “Saat ini di beberapa obyek wisata desa hanya tinggal memolesnya agar para pengunjung bisa kembali datang ke obyek wisata. Untuk memolesnya misal, oleh tempat kunci atau tempat asbak, rokok atau lagi dengan mainnya anak-anak hasil kerajinan tangan masyarakat setempat,” kata Suyanto.

Terlebih lagi, lanjut Suyanto dengan adanya 4 ekor kuda tunggang sumbangan dari PT. Astra, diharapkan obyek wisata di Desa Pangkalan Dewa, bisa menambah magnet para pengunjung. “Kami atas nama Pemerintah, mengucapkan terimakasih kepada Jaran (Jajaran) PT. Astra Agro Lestari Tbk, yang telah menyumbang 4 ekor kuda tunggang,” kata Suyanto.

BACA JUGA:   Pembangunan Shrimp Estate di Kalteng Akan Dilaksanakan dengan Konsep Berkelanjutan

Sementara itu, Wahyudi Kadis Pariwisata Kabupaten Kobar, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat gembira ada bantuan 4 ekor kuda tunggang. Memang rencananya untuk pengembangan destinasi wisata desa.

“Seperti di Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Banteng, setelah dibangun embung besar, semacam danau yang dulu oleh Ibu Bupati telah ditabur ribuan benih ikan, kini telah menjadi obyek wisata,” kata Wahyudin.

Nanti 4 ekor kuda tunggang itu akan ditempatkan di lokasi wisata Embung Pangkalan Dewa. Karena lokasi sekitar danau yang indah dengan pemandangannya tidak mungkin dilalui oleh mobil atau motor.

“Jadi idealnya, warga yang mau menikmati indahnya lokasi embung harus naik kuda, karena tidak akan merusak jalan lingkungan. Nah, sekarang kami mengimbau kalau 4 ekor kuda sudah ditangani misal oleh desa, tolong pelihara dengan baik itu saja pasan dari kami,” tutup Wahyudi. (Man/beritasampit.co.id).