Waspada! Penipuan Mencatut Nama Baim dan Paula Semakin Marak

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah data, berdalih GiveAway dengan menampilkan foto Baim Wong dan Paulia serta anaknya, dalam WA kuis tebak-tebakan kepanjangan dari kata BAPAU.

PANGKALAN BUN – Hari ini kamu bakal ketimpa rezeki besar Bosque!!! Syaratnya tebak kuis di bawah ini: Apa kepanjangan kata BAPAU?. Jawab di WhatsApp Kami 082 283 782 924. Demikian bunyi SMS yang dikirim dari Nomor Hp 082 251 184 951.

Saat kepanjangan kuis kalimat BAPAU ditebak yakni Baim Paula, kemudian dikirim ke Nomor WA 082283782924, ternyata nomor WA tersebut menggunakan foto profil Baim Wong dan Istrinya Paula serta anaknya.

“Melihat pasangan selebritis Baim Wong dan Paula serta anaknya di WA, saya semakin semangat untuk mengikuti petunjuk dalam kuis tersebut,” kata Muhaemin warga Pangkalan Bun kepada beritasampit.co.id, Minggu 28 November 2021.

Setelah jawaban kuis dikirim ke Nomor WA yang ada foto Baim dan Paula, maka muncul blog bertuliskan, Indonesia GiveAway – Selamat Anda Terpilih Sebagai Pemenang GiveAway Uang Tunai Rp 75.000.000.

Pemenang GiveAway, diminta isi Nama Lengkap, Nama Kelurahan, Nama Kabupaten, Nama Provinsi, Nama Bank, Nama Pemilik Rekening dan Nomor Rekening. Bahkan diinstruksi untuk memastikan registrasi data alamat rekening sudah lengkap.

BACA JUGA:   Belajar dari Kasus Marina: Pj Bupati Kobar Minta Tidak Terjadi Kembali 

“Saya langsung mengisi data identitas saya, termasuk nomor rekening yang diminta dalam format Give Away, kemudian saya kirim ke Nomor WA 082283782924. Setelah dikirim sekitar 10 menit, ada jawaban, data pemenang anda sudah kami terima segera akan melaporkan ke bagian pencairan hadiah mohon ditunggu,” jelas Muhaemin.

Tidak lama kemudian, muncul keterangan Struk Transfer BRI ke nomor rekening atas nama Muhaemin sebesar Rp 75.000.000. “Tapi dibawah struk transfer, dengan blog lain muncul lagi keterangan syarat dan ketentuan, bahwa uang Rp 75 juta masih transaksi dipending, belum bisa dicairkan sebelum membayar pengaktifan Rp 400.000,“ ungkap Muhaemin.

Menurut Muhaemin, memang ada keterangan lainnya yakni jika disetujui untuk syaratnya diminta untuk ketik SETUJU. Kalau tidak setuju dengan syaratnya, dipersilahkan ketik TIDAK.

“Setelah saya menghubungi teman karyawan Bank, ternyata kuis GiveAway yang mengatasnamakan Baim Paula, yang sekarang lagi marak melalui aplikasi liar itu adalah penipuan. Makanya, awas hati-hati jangan sampai tertipu cari uang Rp 50 ribu saja susah apalagi Rp 400 ribu. Semoga lah pihak yang berwajib bisa mengungkap nomor-nomor HP mereka,” pungkas Muhaemin.

BACA JUGA:   Polres Kobar Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat

Seperti telah dilansir merdeka.com, Baim Wong sudah benar-benar kesal karena namanya dicatut untuk kasus penipuan dengan dalih GiveAway yang digelarnya. Kata suami Paula Verhoeven itu, kali ini sudah benar-benar keterlaluan.

Kejadian Ini bukan kali pertama nama Baim dicatut untuk penipuan, maka Baim mengungkap untuk orang yang pernah menjadi korban penipuan serupa agar melapor padanya melalui pesan DM di instagram.

“Yang merasa udah pernah kena tipu, dan BENER2 UDAH TRANSFER (mau itu lewat sms atau apapun itu).. Dm ke saya bersama dengan bukti2nya ya.. Insyaallah kita tangkep2in.. Saya ga bisa diem lagi,” tegasnya dikutip Minggu, 28 November 2021. (Man/beritasampit.co.id).