BPBD: Banjarmasin Masih Aman dari Banjir

Kepala BPBD Kota Banjarmasin Fahruraji.(ANTARA/Sukarli)

BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), menyatakan bahwa wilayah Banjarmasin masih aman dari banjir berdasarkan kondisi Sungai Martapura, sungai besar yang airnya sering meluap dan menyebabkan banjir saat air pasang dan hujan lebat.

“Alhamdulillah, pantauan tadi malam kondisi Sungai Martapura masih dalam level aman. Untungnya air pasang tidak terjadi tinggi di daerah kita meski ada hujan kemarin hingga malam dengan intensitas sedang,” kata Kepala BPBD Kota Banjarmasin Fahruraji di Banjarmasin, Senin 29 November 2021.

Kendati demikian, Fahruraji menekankan pentingnya mewaspadai kemungkinan terjadi bencana banjir di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, yang bisa menyebabkan kenaikan muka air Sungai Martapura.

“Yang perlu kita waspadai kalau banjir terjadi di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, ini yang bisa sampai ke Banjarmasin,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Banjarmasin sudah meningkatkan status kesiagaan dari siaga menjadi siaga darurat banjir dan air pasang karena banjir sudah melanda daerah-daerah tetangga dan menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan ekstrem berpotensi terjadi selama Desember 2021 dan Januari 2022.

“Memang belum terjadi kondisi banjir di daerah kita, tapi sempat terjadi fenomena air pasang tinggi hingga beberapa wilayah pemukiman pinggiran sungai terdampak banjir rob. Ini harus jadi perhatian juga untuk kita tingkatkan kesiapsiagaan,” katanya.

BPBD Kota Banjarmasin sudah menyiagakan personel dan perlengkapan pendukung pencegahan dan penanganan bencana banjir.

“Jadi kita harus siap dan waspada, sebab kita sudah diuji dengan banjir besar pada pertengahan Januari tahun ini, tidak mustahil bisa terjadi lagi,” kata Fahruraji.

(Antara/BS-65)