Direktur Alsintan Puji Pemdes Sungai Malawen Bangun Gedung UPJA

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Kobar Hj,Nurhidayah usai meresmikan nampak masuk ke Gedung UPJA langsung, melihat lihat sejumlah Alsintan.

PANGKALAN BUN – Taufik Fathurahman mewakili Direktur Alsintan dari Kementerian Pertanian mengatakan selama dirinya banyak keliling kedaEreh di Indonesia, kali pertama Gedung Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dibangun oleh Pemerintahan Desa (Pemdes).

”Saya kagum melihat perhatian pemerintah desa yang luar biasa, untuk membangun gedung Usaha Pelayanan Jasa Alsintan, semoga gedung tersebut bermanfaat untu para petani, khususnya bisa merawat dengan baik berbagai bantuan alsintan,” kata Taufik.

Ditempat yang sama Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengatakan Gedung UPJA Maju Bersama Desa Sungai Melawen Kecamatan Pangkalan Lada, merupakan sebuah lembaga ekonomi di pedesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alsintan untuk memperoleh keuntungan usaha. UPJA melayani jasa alsintan untuk keperluan pra panen, panen, hingga pasca panen.

BACA JUGA:   Syukuran ke 76 Tahun, Kemenag Kobar Gelar Lomba Nasi Tumpeng

“Gedung UPJA ini juga menjadi bagian fasilitasi pembangunan pertanian di desa Sungai Melawen. Saya selaku Bupati juga mengapresiasi sumber dana dari pembangunan gedung ini bersumber dari dana desa”, imbuh Bupati Sabtu, 27 November 2021.

Hal ini juga membuktikan pemerintah Desa Sungai Melawen memiliki perhatian di dalam perkembangan sektor pertanian di wilayahnya yang menjadi satu-satunya di Indonesia dimana pembangunannya didanai oleh pemerintah desa melalui dana desa.

BACA JUGA:   Abdul Karim Busrah, Satu-Satunya Pahlawan Kemerdekaan Dari Kobar Dikebumikan di TMP Kalibata Jakarta

Bupati mengungkapkan jika berbagai program telah disusun pemerintah untuk mendukung pencapaian produksi hasil pertanian.

“Karena itulah dukungan penguatan sarana dan prasarana alat pertanian terus dilanjutkan oleh pemerintah dengan harapan para petani bisa memanfaatkan alsintan tersebut dengan maksimal sehingga mampu meningkatkan produktifitas,” tutup Bupati.

(man/beritasampit.co.id).