MTs Negeri Barito Utara Borong Juara Tingkat Nasional

FOTO BERSAMA: IST/BERITA SAMPIT- Siswa dan guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Barito Utara.

MUARA TEWEH – Sekolah madrasah negeri yang berbasis agama Islam. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Barito Utara memiliki segudang prestasi, mulai dari tingkat regional hingga nasional, salah satunya di bidang sains.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MTs tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). MTs Negeri ini berhasil meraih juara dua pelajaran Matematika dan juara harapan satu pelajaran IPA, bersaing dengan 36 peserta dari 13 kabupaten 1 kota Kalteng.

Selanjutnya madrasah negeri yang beralamat di jalan Ahmad Yani Muara Teweh itu kembali menyabet gelar juara 1 dan 3 pada ajang PHYSTON (Physics Competition) 2021 tingkat nasional diadakan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Sebanyak dua tim diterjunkan, tim pertama kelas 9, yakni Agung Sutrisno (14) dan Maulvi Rahmansyah Indrasto (14) serta tim kedua kelas 8, Ulya Azizah (13) dan Nur Azizah (13), dibimbing 5 orang guru pendamping Rahmadhani Pratama, Muktamiroh, Resa Yulianti, Siti Sari Banon, dan Hertami Zulkifli.

BACA JUGA:   Bupati Barito Utara Ingatkan Batas Capaian Target Vaksinasi 70 Persen Sepekan Lagi

Alhasil kedua tim memperoleh medali emas juara 1 dan perunggu juara 3, serta buku pembinaan olimpiade, sertifikat ditandatangani Dekan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, piala dan uang tunai sebesar Rp. 1.150.000 juara 1 dan Rp. 700.000 juara 3.

Kompetisi berlangsung kurang lebih 3 bulan dari September lalu hingga akhir November diikuti sebanyak 110 regu atau 220 orang pelajar se-Indonesia, kompetisi mulai dari tahap penyisihan, semifinal dan final yang terdiri dari babak teori dan praktikum.

Kepala Sekolah MTs Negeri Barito Utara Setia Rahman, mengaku mendukung penuh siswa dan guru pendamping dari proses bimbingan sampai akhir perlombaan, fasilitas bimbingan intens, pengadaan bahan-bahan praktikum yang menunjang percobaan sesuai tema yang diujikan di babak final.

BACA JUGA:   Bupati Barito Utara Keberatan Lokasi Kompetisi Liga 3 Kalteng Dipindahkan

“Saya sangat bangga sekali atas prestasi yang telah diraih para peserta didik kami. Hal ini tidak lepas dari doa dan dukungan seluruh keluarga besar MTs Negeri Barito Utara. Merupakan kado akhir tahun 2021 untuk madrasah kami,” ujar Setia Rahman kepada beritasampit.co.id Senin 29 November 2021.

Rahman berharap, perolehan ini tidak membuat pelajar dan pendamping berpuas diri sampai disitu. Namun dia mengajak keluarga besar madrasah terus menggali potensi dan kemampuan guna mempersiapkan ajang-ajang perlombaan selanjutnya.

“Kami pihak madrasah pasti mendukung penuh selama kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam hal positif dan untuk pengembangan diri,” tutupnya.

(ISK/beritasampit.co.id)