Bupati Barito Timur Respons Positif Peringatan Mensos Terkait Banjir

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. ANTARA/Protokol Setda Bartim

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ampera AY Mebas, merespons positif peringatan atau warning dari Menteri Sosial RI Tri Rismaharini terkait waspada banjir saat puncak hujan yang diprediksi terjadi Februari 2022.

Menurut Bupati sangat tepat peringatan yang disampaikan Mensos Risma agar setiap kepala daerah di Kalteng tidak lengah, sehingga semua sudah diantisipasi jika bencana tersebut benar-benar terjadi di saat puncak hujan terjadi.

“Kita akan mempersiapkannya. Jika terjadi bencana banjir maupun longsor kita sudah siap,” kata Ampera dikutip dari Antara, Selasa 30 November 2021.

Salah satu upaya mitigasi bencana yang dilakukan Pemkab Barito Timur yakni menormalisasi Sungai Awang. Ampera juga dengan tegas menginstruksikan seluruh camat untuk mewaspadai ancaman bencana yang diprediksi rawan terjadi pada Februari nanti.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

“Untuk wilayah di perkotaan atau Kelurahan Tamiang Layang, semua drainase sudah dilakukan pembersihan untuk mengantisipasi banjir,” kata Ampera.

Menurutnya, koordinasi lintas sektoral akan dilakukan secara intensif, baik kepada TNI-Polri hingga kecamatan dan desa dalam penanggulangan bencana. Sedangkan lintas sektoral internal Pemkab Barito Timur yakni penanganan dan penanggulangan serta penyiapan titik untuk didirikan lumbung sosial (bufferstock).

“Jadi, ketika terjadi bencana banjir maupun longsor tidak ada lagi rapat koordinasi karena tugas pokok dan fungsi masing-masing,” ucap Ampera.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

Lintas sektoral Pemkab Barito Timur dimaksud yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) dan instansi teknis lainnya hingga Dinas Kesehatan.

“Instansi tersebut memiliki tupoksi masing-masing sehingga penanganan dan penanggulangan bisa terlaksana dengan baik tanpa ada diberikan instruksi. Rapat lintas sektoral maupun internal Pemkab Barito Timur ini akan dilaksanakan dalam waktu tidak begitu lama,” kata Ampera AY Mebas.

(Antara/BS-65)