Karang Taruna Kalteng Dorong Anak Muda Berwirausaha

M.Saleh/BERITA SAMPIT - Suasana Pelatihan Kewirausahan Karang Taruna Kalteng.

PALANGKA RAYA – Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Pelatihan Kewirausahaan dengan mengusung Tema “Semangat Entreprenuer Kaum Millenial” pada tanggal 30 November 2021.

Kegiatan ini dilakukan secara Offline di Rumah makan Kampoeng Seberang Kota Palangka Raya, diikuti 30 peserta dari kalangan Mahasiswa dan Pemuda se-Kota Palangka Raya.

Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid melalui Sekretaris Rano Rahman mengatakan di tengah pandemi Covid-19 sektor ekonomi dampaknya sangat dirasakan. Optimisme dalam kebangkitan ekonomi juga terus digelorakan.

Menurutnya, peran pemuda dalam kebangkitan ekonomi memiliki peran penting terlebih di tengah arus digitalisasi. Dirinya berharap kegiatan ini mampu mendorong para Milenial memiliki jiwa entrepreneur (pengusaha).

Pasalnya, Kalimantan Tengah memiliki banyak potensi dan menjadi lirikan pemerintah pusat dalam membangkitkan ekonomi. Salah satunya melalui program food estate dan pemindahan ibukota Negara ke Pulau Kalimantan.

BACA JUGA:   Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Media, Langkah Memperkuat Pemberitaan Hasil Pemilu 2024

“Ini semua bisa menjadi peluang bagi genasi muda untuk bisa mengambil peran itu semua, banyaknya peluang itu harus diisi dengan berbagai ide dan action pemuda dalam rangka menjawab tantangan zaman,” ujar Rano.

Ia juga mencontohkan bagaimana tren media sosial yang didominasi para pemuda. Menurutnya, melek teknologi menjadi keharusan.

“Saya optimis pemuda Kalteng mampu menjawab semua peluang dan tantang itu. Semoga dengan pelatihan ini bisa mendorong semangat peserta berjiwa pengusaha. Para pemateri ini semuanya pelaku usaha. Semoga peserta mampu menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya,” jelasnya.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dibagi menjadi dua sisi. Sesi pertama disampaikan Agus Hermawan, selaku Ketua Menara Insan Cita dan motivator di kalangan pemuda. Ia memiliki pengalaman di bidang kewirausahaan.

BACA JUGA:   Bappedalitbang Gelar Pelantikan Ahli Madya dan Ahli Pertama

Pria yang sering dipanggil Aher ini memberikan motivasi untuk peserta dari pengalamannya di bidang kewirausahaan yaitu tentang bagaimana kestrukturan usaha itu sendiri sehingga dapat dijalankan semaksimal mungkin dengan pemanfaatan media sosial yang dimiliki.

Sesi kedua disampaikan H Heru Hidayat, S.T selaku Sekretaris Masyarakat Ekonomi Syariah Kalimantan Tengah. Ia mendorong para milenial percaya diri dan memulai kegiatan berwirausaha.

“Kami harapkan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini kedepanya agar tetap bisa diselenggarakan setiap tahunya secara berkelanjutan dengan lebih baik dan dapat memberikan manfaat bagi kaum millenial terkait motivasi dalam berwirausaha,” pungkasnya.

(M.Sleh/beritasampit.co.id)