Bupati Katingan Lantik 205 Jabatan Fungsional Atau Eselon IV

ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat melantik 205 orang jabatan fungsional di halaman kantor Bupati Katingan, Jumat 31 Desember 2021.

KASONGAN – Mendekati momen tahun baru 2022, Bupati Katingan Sakariyas melantik sebanyak 205 orang jabatan pejabat hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan, di halaman kantor Bupati Katingan, pada Jumat 31 Desember 2021.

Dari jumlah 205 orang jabatan fungsional atau eselon IV tersebut diantaranya yaitu atas nama (Dahrul) jabatan kepala sub bagian administrasi pemerintahan, dan sekarang menduduki jabatan baru sebagai analisis kebijakan -ahli muda. (Lurie Marciatie) kepala sub bagian administrasi kewilayahan, sekarang menjabat bagian perencana -ahli muda.

Rini Nurasiah kepala sub bagian kesejahteraan masyarakat, sekarang menjabat analisis kebijakan-ahli muda. (Yeri Kristiani Ladju) kepala sub bagian perundang-undangan, sekarang menjabat analisis kebijakan-ahli muda. (Septa Yusila) kepala sub bagian bantuan hukum, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan ahli muda.

Kemudian, (Redy) kepala sub bagian dokumentasi dan informasi, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda. (Sridiana Nassi) kepala sub bagian perekonomian, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-analisis muda. (Karyadi) kepala sub bagian sumber daya alam, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda.

BACA JUGA:   Lima Raperda Disepakti Jadi Perda Oleh DPRD Katingan

Roseno kepala sub bagian penyusunan program, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda. Dan (Lily Evabella) kepala sub bagian pengendalian program, sekarang menjabat bagian teknik tata bangunan dan perumahan-ahli muda.

Lalu, (Khairul Bayan) kepala sub bagian evaluasi dan pelaporan, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda. (Suciati) kepala sub bagian kelembagaan dan anjab, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda. (Arita Andriastuti) kepala sub bagian kinerja dan reformasi birokrasi, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda.

Sehat kepala sub bagian perpustakaan, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda. Dan (Maswildayuni) kepala sub bagian arsip dan dokumentasi, sekarang menjabat bagian analisis kebijakan-ahli muda.

Sakariyas mengatakan, bahwa pelantikan pejabat administrasi ke dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan adalah merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2021 tentang penyertaan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Menurutnya jabatan fungsional adalah kehormatan, karena tidak semua orang bisa mendapatkannya. Tetapi kehormatan hakiki tidak lahir dari tampilan atau kedudukan, melainkan dari sifat, perilaku, dan kinerja dalam pekerjaan. Jabatan itu adalah amanah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan, bukan saja dari aspek administratif, tetapi juga aspek moral, pertanggungjawaban secara administratif antara lain terkait dengan laporan pelaksanaan tugas sedangkan pertanggungjawaban secara moral bersentuhan dengan akhlak.

BACA JUGA:   Pandemi Covid-19 Penyebab Rendahnya Realisasi Belanja Daerah Katingan

Sifat amanah menjadi penting bagi pejabat fungsional karena pengangkatannya sangat mempertimbangkan kompetensi atau kesesuaian latar belakang pendidikan, keahlian, minat dan bakat, yang diharapkan lebih menjadi efisensi dan efektivitas pelaksanaan tugas.

“Oleh karena itu pelantikan pejabat fungsional hari juga mengingatkan kembali pentingnya menjaga amanah, yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga orang lain yang menerima pelayanan,” jelas Sakariyas.

Turut hadir menyaksikan proses pelantikan yaitu Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Sekda Katingan Pransang, sejumlah kepala SOPD lingkup Pemkab Katingan, Pabung Katingan 1015 Sampit, Kapolsek Katingan Hilir, dan tamu undangan yang hadir serta para pejabat yang dilantik hadir melalui zoom meeting. (Annas/beritasampit.co.id).