Kadis Kesehatan Kobar : Jangan Kasih Kendor, Tetap Disiplin Prokes

Ilustrasi Kang Maman.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Achmad Rois, mengingatkan kepada masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) jangan sampai kendor.

“Ibu Bupati tak pernah berhenti setiap ada acara, pasti diwarnai dengan imbauan tentang peningkatan vaksinasi yang wajib dilaksanakan oleh semua warga masyarakat dari berbagai jenjang usia mulai dari pelajar, remaja, dewasa dan lansia. Serta menekankan warganya wajib melaksanakan ptorokol kesehatan,” kata Achmad Rois, Kamis, 2 Desember 2021.

Untuk menindaklanjuti imbauan Bupati Kobar, Dinas Kesehatanpun telah rutin menyampaikan pesan moral kepada masyarakat Kobar, melalui Program GERMAS. (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

BACA JUGA:   Cegah Banjir Rob dan Abrasi Laut Dengan Tanam Mangrove

Ia mengakui berkat Komando Bupati selaku Satgas Covid-19 Kabupaten Kobar, kini dari total sasaran vaksinasi covid-19 di Kabupaten Kobar sebanyak 203.286 individu, saat ini peserta vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 81,892 persen.

Sasaran vaksinasi bagi masyarakat umum juga sudah mencapai 80,39 persen, dan sasaran vaksinasi dosis 1 bagi lansia, saat ini mencapai 68,13 persen. Vaksinasi remaja mencapai 88,03 persen.

“Alhamdullilah, berdasarkan indikator transmisi komunitas yaitu kasus terkonfirmasi, penderita aktif dan tingkat kematian dalam seminggu saat ini juga sudah menunjukkan indikator tingkat 1 atau rendah,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bupati Minta Masyarakat Mengurus Perizinan Jangan Lewat Calo

Menurutnya, capaian vaksinasi dan indikator transmisi komunitas, Kabupaten Kobar sudah bisa dikategorikan masuk PPKM level 1, namun penentuan level PPKM semuanya adalah kebijakan pusat yang disampaikan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Harus ingat setiap hari grekan 5 M, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi. Insya Allah dengan melakukan pola 5 M, virus corona akan segera mamblas,” pungkas Achmad Rois.

(man/beritasampit.co.id).