Dukung Kebangkitan UMKM, Diskop dan UKM Kotim Gelar Pameran Produk Unggulan

ILHAM/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim Halikinnor, saat meninjau masing-masing stand Pameran Produk Unggulan di City Mall Sampit, Sabtu 4 Desember 2021.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Pameran Produk Unggulan di City Mall Sampit, Sabtu 4 Desember 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk mendorong kebangkitan UMKM di tengah pandemi, serta menumbuh kembangkan kemajuan produk unggulan di masing-masing kecamatan di Kotim.

“Tujuan kegiatan ini merupakan wadah menumbuh kembangkan inovasi UMKM untuk lebih maju lagi, sekaligus menjadi ajang silaturahmi atar kecamatan dan melahirkan produk-produk yang inovatif dan mampu berdaya saing,” jelas Kepala Diskop dan UKM Kotim Rusmiati.

“Pameran ini diikuti 17 kecamatan di Kotim, namun yang hadir hanya 14 kecamatan, sedangkan 3 kecamatan lain yakni Antang Kalang, Tualan Hulu dan Bukit Santuai lagi berhalangan,” lanjutnya.

ILHAM/BERITA SAMPIT – Bupati Kotim Halikinnor, mendengarkan keluhan para pelaku UMKM, dalam Pameran Produk Unggulan.

Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor, menyambut baik kegiatan produk unggulan tersebut. Ini merupakan langkah mewujudkan misi Kotim penguatan ekonomi masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan dan membuka lebih luas lapangan kerja.

BACA JUGA:   Warga Eks Lokalisasi Pal 12 Sampit Tagih Janji Pemerintah

“Melalui koperasi dan mikro kecil menengah dengan mengarah pada konsep 1 desa dengan 1 prodak unggulan, saya minta Dinas Koperasi menginventarisir di kecamatan-kecamatan, dalam artian kegiatan ini bagaimana membina prodak-produk tertentu dan mengupayakan mengisi pangsa pasar di dalam maupun di luar Kotim,” kata Halikin.

“Kunci dari ini adalah kelemahan kita dalam promosi sangat kurang, kedua kemasan harusnya bagaimana membuatnya menarik,” tegasnya.

Mengubah tampilan dengan kemasan yang menarik itu menjadi perhatian orang nomor satu di ‘Bumi Habaring Hurung’ ini dengan menekankan kepada instansi terkait selaku pembina para pelaku usaha, agar lebih memperhatikan sistem kemasan yang mampu memberikan daya tarik dengan ciri khas daerah yang mampu memenuhi persaingan pangsa pasar.

BACA JUGA:   Ketua DPD Golkar Buka Suara Terkait Kelangkaan Minyak Goreng

“Sampit ini terkenal di Jakarta dan luar daerah sana. Coba kita buat produk brandnya Sampit dan bagaimana kita mengganti mendukung dengan prodak unggulannya. Saya minta kemasannya bagus, saya akan bawa untuk mempromosikannya,” paparnya.

Berkaitan dengan masalah promosi, Halikin juga menekankan kepada seluruh OPD untuk turut membantu memperkenalkan produk unggulan Kotim tersebut.

“Saya minta kemasannya dibuat menarik, jadi ketika saya maupun SOPD melakukan kegiatan keluar daerah, baik melakukan pertemuan-pertemuan ke Kementrian atau daerah lainnya. Kita bisa membawa produk unggulan daerah ini untuk oleh-oleh atau sebagainya sekaligus mengenalkan bahwa Kotim memiliki produk unggulan,” katanya.

Halikin berharapan kedepan kegiatan ini ditingkatkan lagi, dengan tujuan bagaimana prodak unggulan ini muncul bukan hanya di tingkat regional tapi juga di tingkat nasional dan internasional. (Cha/beritasampit.co.id).