TNI-AL Danposal Kumai Bentuk Karakter Pelajar Melalui LKBB

MAN/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Bupati Kobar, Bambang Djatmiko Trikora wakili Bupati menerima Cindera Mata dari Komandan Pos TNI AL Kumai, Letda (p) Rio Kusuma.

PANGKALAN BUN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mewakili Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kalsel menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKKB) antar pelajar se-Kobar, di Stadion Senggora Kumai, Sabtu 4 November 2021.

Kegiatan ini diikuti ratusan pelajar SMP dan SMA. Bahkan dihadiri Staf Ahli Bupati Kobar Bambang Djatmiko Trikora mewakili Bupati menjadi Inspektur Upacara, juga hadir Jajaran Unsur Pimpinan Kecamatan Kumai, Danramil 1014/02 Kumai Kapten Inf Ahmad Zubaidi, Sekcam Kumai Ajeli Rahman dan sejumlah tamu undangan.

Komandan Pos TNI AL Kumai, Letda (p) Rio Kusuma, usai acara mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperebutkan piala bergilir Danposal Kumai Jajaran Lanal Banjarmasin.

Kegiatan LKBB-1 diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan, dimana masing-masing tim diisi 16 orang, sehingga total pelajar yang terlibat lomba sebanyak 480 siswa. Bahkan di antara peserta ada yang berasal dari sekolah asal Kecamatan Arut Utara.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Bersama FKPD Tinjau dan Beri Imbauan di Gereja

“Juga kegiatan lomba baris-berbaris ini dilaksanakan untuk menyemarakan HUT Armada di tahun 2021. Dan juga untuk menggalakan disiplin peraturan baris berbaris (PBB) di kalangan para pelajar yang merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang biasa dilaksanakan di sekolah,” jelas Rio.

Manfaatnya, juga sebagai wadah pembentukan karakter. Melalui PBB, para siswa diajarkan menjunjung tinggi sikap hormat, sopan, disiplin, bertanggungjawab serta berbudi pekerti luhur.

Dia berharap dengan adanya lomba keterampilan ini dapat melatih sikap positif siswa dalam bersosialisasi sehari-hari, baik di rumah, di masyarakat maupun di lingkungan sekolah.

“Dengan adanya kegiatan tersebut tentunya akan menambah dan mempererat tali silaturahmi antar sekolah dan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan pelajar, khususnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Rio Kusuma.

BACA JUGA:   Awal Tahun 2022, Dalam Sehari 4 Pengedar Sabu-Sabu Berhasil Diringkus Polres Kobar

Lomba ini juga bertujuan untuk mewadahi kreativitas dan keahlian bagi pelajar dalam bidang baris-berbaris. “Menciptakan pemuda yang disiplin, berprestasi dan memiliki kemampuan, serta intelegensi yang tinggi. Memupuk rasa persaudaraan, kerukunan dan persahabatan antar pelajar,” lanjutnya.

Dengan adanya lomba tersebut diharapkan bakat siswa yang sudah dibina oleh sekolah dapat terus berkembang.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Kobar, Bambang Djatmiko Trikora mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL Kumai. Ia berkeinginan kegiatan LKBB dapat dilaksanakan rutin setiap tahun dengan melibatkan banyak sekolah dan pelajar.

“Kegiatan ini jarang dilakukan di Kabupaten Kobar, kami sangat mengapresiasi kepada jajaran TNI-AL Danpos Kumai, karena LKBB ini bisa melatih kedisiplinan para pelajar,” pungkas Bambang. (Man/beritasampit.co.id).