Bupati Barsel Ajak Lestarikan dan Menjaga Kebudayaan Daerah

DEDDY/BERITA SAMPIT - Penampilan atraksi seni beladiri kuntaw.

BUNTOK – Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri membuka kegiatan Pergelaran Budaya Kabupaten Barsel Tahun 2021 Minggu, 6 Desember 2021 bertempat di Gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Dikatakan Bupati keragaman kebudayaan saat ini cukup banyak berkurang dan tidak hanya terjadi di perkotaan namun juga di daerah pedalaman dan pesisir sungai barito.

Masyarakat sudah jarang menyaksikan tarian badeder, badewa, bagan’nut dan ritual perang-perangan saat arak-arakan penganten ketika menghantar mempelai pria menuju ke rumah mempelai wanita.

Hal tersebut dikarenakan, generasi muda kita terpengaruh oleh budaya luar sebagai dampak dari perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat yang diserap sedemikian rupa.

BACA JUGA:   Dishub Barsel: Angkutan Umum Bermuatan 8 Ton Dilarang Melintasi Ruas Jalan Buntok-Kalahien

“Sehingga tradisi lama, yang dianggap kuno atau sudah ketinggalan zaman mulai dilupakan,”Bebernya.

Menurutnya, sesungguhnya walaupun sudah tidak mempraktekkan budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari seharusnya budaya tetap bisa disampaikan dan diwariskan melalui berbagai cara untuk menjaga keberadaan dan kelestariannya.

“Agar generasi penerus selanjutnya bisa melestarikan kebudayaan daerah kita serta mempopulerkannya,”Jelasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Barsel ini menambahkan, Pagelaran Seni Budaya Tahun 2021 ini merupakan starting point dan juga etalase budaya sebagai sarana promosi pariwisata melalui media digital ke level nasional dan internasional.

BACA JUGA:   Dishub Barsel Akan Tindak Tegas Travel Liar

“Dengan telah dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan, agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi bisa membawa wisatawan domestic dan mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati pariwisata budaya di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,”Pungkas Eddy Raya Samsuri.

Pergelaran Seni Budaya Kabupaten Barsel Tahun 2021 menampilkan, berbagai atraksi seni tari serta kearifan lokal yang ada di Kabupaten Barsel dan dipenghujung acara dihibur dengan penampilan artis ibu kota Cameria Happy Pramita atau lebih populer Mita The Virgin.

Bersama DJ. Citra yang juga merupakan seorang model, dimana keduanya membentuk grup band barunya yakni Black Champagne.

(Ded/beritasampit.co.id)