Gubernur Ingatkan Tingkatkan Kewaspadaan, Kalteng Masih Berpotensi Hujan Lebat

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengimbau seluruh Pemerintah di kabupaten/kota untuk tetap meningkat kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Kalimantan Tengah masih berpotensi untuk turun hujan lebat. Saya minta masing-masing kabupaten/kota agar tetap waspada. Siagakan perlengkapan dan personel untuk skenario jika terjadi banjir dadakan,” katanya melalui rilis yang diterima, Senin 6 Desember 2021.

Sugianto Sabran meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk menyiagakan pusat pengendalian operasi (Pusdalops), untuk memaksimalkan pengawasan dan melakukan pemetaan terhadap daerah rawan terjadi banjir.

BACA JUGA:   Pemprov Laksanakan Fasilitasi Rancangan Akhir RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2023

“Pusdalops daerah harus rutin memberikan laporan rutin bagaimana kondisi terkini. Apabila diperlukan, dapat menetapkan status darurat bencana dan membentuk posko komando,” pungkasnya.

Sugianto Sabran juga meminta kepada para Bupati dan Wali Kota untuk melakukan pengelolaan tata air terintegrasi hulu hingga hilir, guna mengantisipasi terjadinya peningkatan debit air akibat curah hujan tinggi yang memungkinkan masih akan terjadi.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan 419 Sapi Kurban untuk Masyarakat

Menurutnya, kesiapan infrastruktur, sarana dan prasarana pengendalian serta penanganan bencana juga harus dipastikan.

Masing-masing Pemerintah Daerah dan instansi terkait juga diminta untuk mengoptimalkan sumber daya manusia, logistik dan peralatan untuk penanganan kondisi darurat bencana. (Hardi/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)