Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar Senin malam

Lava pijar keluar Gunung Semeru saat dipotret dari kawasan Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin 6 Desember 2021. (ANTARA/Zabur Karuru)

LUMAJANG – Gunung Semeru memunculkan lava pijar yang tampak dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Senin 6 Desember 2021, sekitar pukul 20.00 WIB.

Pantauan Antara dari depan Balai Desa Sumberwuluh, lava pijar terlihat jelas dan membuat sebagian warga keluar rumah untuk menyaksikan.

“Iya, keluar dan kelihatan dari sini. Tapi bagi kami memang sudah biasa karena juga beberapa kali muncul lava pijar,” ujar salah seorang warga, Mbah Jaya.

Hingga pukul 21.30 WIB atau berita ini ditulis, lava pijar tetap terlihat dan menjadi tontonan sebagian warga.

Fenomena tersebut juga menjadi sasaran obyek fotografer dari sejumlah media yang bertugas melakukan peliputan terkait meningkatnya aktivitas Gunung Semeru.

Diketahui, pada Sabtu 4 Desember 2021 sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan asap panas dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.

(Antara)