Sosialisasi Manfaat Pentingnya Kearsipan Kepada OPD Dinilai Masih Kurang

WAWANCARA : IM/BERITA SAMPIT - Ketua Fraksi PAN di DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Dadang H. Syamsu saat diwawancara awak media.

SAMPIT – Jajaran DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menilai selama ini Pemerintah Daerah masih kurang memberikan sosialisasi pentingnya kearsipan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di daerah ini.

Kritik tersebut datang dari Ketua Fraksi PAN DPRD Kotim, Dadang H. Syamsu, pihaknya mengevaluasi sistem kearsipan di daerah Kotim selama ini juga masih belum memiliki arsiparis atau juru arsip dan belum memiliki depo arsip untuk penyimpanan dokumen arsip penting.

“Masih kurang sosialisasi ke OPD terkait manfaat arsip dan dana pendukung kegiatan yang masih sangat minim dari Pemerintah daerah,” ungkapnya, Senin 5 Desember 2021 di Sampit.

BACA JUGA:   Dewan Dukung Evaluasi Tekon Tahap Dua

Dari beberapa poin tersebut dia berharap bisa menjadi bahan agar di tahun berikutnya dapat memprioritaskan hal-hal yang menjadi kendala di bidang kearsipan. Karena arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa serta sebagai memori, acuan dan bahan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penyelenggaraan kearsipan juga harus didukung oleh sumber daya kearsipan.

Menurut Dadang, penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perorangan, serta arsip nasional republik Indonesia sebagai penyelenggara kearsipan nasional.

“Kearsipan bertujuan menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah dan menjamin terwujudnya pengelolaan arsip yang andal dan pemanfaatan arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya.

BACA JUGA:   Miris! Harga TBS Turun Drastis

Kearsipan juga menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya juga mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan nasional sebagai suatu sistem yang komprehensif terpadu, serta menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (im/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)