Rakorda FKUB se-Kalteng Diharap Hasilkan Kesepakatan Strategis

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2021, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 7 Desember 2021. Kegiatan ini mengusung tema “Penguatan Peran FKUB dalam Memelihara Kerukunan di Kalimantan Tengah”.

Pada kesempatan itu, Edy Pratowo menyampaikan, Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2021 merupakan implementasi peran dan fungsi FKUB di Kalteng dalam menjaga harmonisasi Kerukunan Umat Beragama, dengan harapan FKUB mampu mengembangkan komunikasi secara terbuka, sekaligus mampu mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan baik yang terjadi saat ini maupun permasalahan yang akan dihadapi.

BACA JUGA:   Pj Sekda Kalteng Buka Mentoring Teritorial Berkah Sejahtera, Program Kampung Berkah Korem 102/PJG

“Sebagaimana diketahui, FKUB khususnya di Kalteng antara lain sebagai rujukan tentang kerukunan, netralitas dalam penanganan persoalan/konflik masyarakat, mediator dalam perselisihan dan juga sebagai juru bicara untuk kepentingan semua agama serta bijak dalam tindakan guna menyikapi segala bentuk permasalahan,” tutur Edy.

Melalui Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng ini, Edy berharap, mampu menghasilkan kesepakatan yang strategis dan aktual guna meningkatkan dan memantapkan peran serta kualitas keberadaan FKUB, ditambah lagi dengan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota se-Kalteng.

“Kerukunan umat beragama menjadi kunci terpenting dalam terbentuknya FKUB itu sendiri, yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Maksimalkan Pelayanan, Jasa Raharja Siagakan 2.000 Personel Untuk Nataru

Edy Pratowo mengimbau kepada seluruh peserta Rakorda FKUB agar dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan yang diperoleh dalam melaksanakan program dan kegiatan tahun 2021, sekaligus memberikan solusi perbaikan untuk periode berikutnya.

Edy mengucapkan terima kasih kepada segenap Anggota FKUB dan seluruh masyarakat yang telah menciptakan kerukunan di Kabupaten/Kota se-Kalteng, sehingga sampai saat ini, kerukunan umat beragama di Kalteng dalam kondisi kondusif dan harmonis. (Hardi/beritasampit.co.id).