KORMI Katingan Diminta Populerkan Olahraga Tradisional

ANNAS/BERITA SAMPIT - Sekretaris Umum KORMI Provinsi Kalteng, Hamdan, saat melantik Ketua dan pengurus KORMI Katingan masa bhakti 2021-2025, di Gedung Salawah Kasongan

KASONGAN – Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia
(KORMI) Kabupaten Katingan periode 2021-2025 resmi dilantik. Rabu 8 Desember 2021.

Ketua Umum KORMI Provinsi Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, melalui Sekretaris Umum, Hamdan mengatakan bahwa KORMI sebagai wadah dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendukung pembangunan masyarakat nasional khususnya dibidang olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat untuk mewujudkan jati diri melalui ketahanan nasional bangsa Indonesia.

“Usai dilantik, maka pengurus KORMI Katingan agar segera melakukan dan melaksanakan konsolidasi organisasi, mengingat organisasi ini mempunyai tugas pokok dan fungsi serta visi yang jelas yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, bugar, gembira, berkualitas dan berkarakter kebangsaaan serta mengingat kedudukan KORMI sejajar dengan KONI maupun NPC,” jelas Hamdan.

Ia berharap pengurus KORMI agar selalu menjalin kekompakan dan keharmonisan antar organisasi untuk saling dukung terutama dalam melakukan penjaringan, pembibitan dan pembinaan yang berkelanjutan terhadap klub-klub yang dinaungi.

Pembinaan sejak usia dini, menurutnya sangat diperlukan sehingga kedepannya mereka terhindar dari kenakalan remaja, narkoba dan tindakan kriminal lainnya.

“Pembangunan sarana dan prasarana tetap minta dukungan dari Pemerintah Kabupaten sesuai dengan kebutuhannya termasuk dalam penyediaan alat dan pelatannya, serta mencari bapak angkat,” ucapnya.

BACA JUGA:   Tersengat Listrik, Dua Karyawan Jaringan Internet Tewas di Desa Hampalit

Ditempat yang sama Sekda Katingan Pransang, mengatakan keberadaan pengurus KORMI menjadi salah satu media untuk mempromosikan olahraga, sekaligus sebagai sarana berprestasi.

Sebagai olahraga rekreasi, cabang olahraga yang bernaung dibawah KORMI diharapkan dapat mengambil tempat di hati masyarakat. Sehingga akhirnya dapat turut mendukung visi pembangunan dan mewujudkan masyarakat umum terkhusus kabupaten katingan yang produktif dan sejahtera.

“Saya berharap pengurus KORMI nantinya dapat bekerjasama dengan pihak terkait terutama pemerintah kabupaten katingan untuk bersinergi bersama mewujudkan apa yang menjadi tujuan organisasi. Kami juga dari pemerintah daerah akan senantiasa memberikan dukungan sesuai dengan tugas dan kewenangan kami sebagai pengayom masyarakat,” terang Pransang.

Menurutnya olahraga rekreasi ini diharapkan menjadi media promosi untuk olahraga tradisional yang mengangkat kearifan lokal yang ada di daerah.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Ibu Endang Susilawatie dan seluruh pengurus yang pada hari ini dilantik sebagai pengurus KORMI Katingan masa bhakti 2021-2025. Semoga kedepannya bisa memajukan kegiatan olahraga rekreasi di Bumi Penyang Hinje Simpei ini,” ucapnya.

BACA JUGA:   Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi, 8 Personel Polres Katingan Dapat Penghargaan

Ketua KORMI Katingan Endang Susilawatie, meminta dukungan dan bimbingan pemerintah daerah serta pengurus KORMI untuk melaksanakan berbagai program yang dijalankan nantinya.

“Insya Allah, akan kami kibarkan di Kabupaten Katingan dan siap ikut berkompetisi dengan membina para atlet pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, baik itu di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Insya Allah, Kabupaten Katingan selalu siap untuk bersama-sama bersinergi dengan mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Katingan,” jelas Endang Susilawatie.

Anggota DPRD Katingan ini menambahkan, olahraga rekreasi di bawah naungan KORMI salah satunya adalah seperti Olahraga Sumpit Tradisional, Pencak Silat Tradisional, Terompah Panjang, Hadang, Engrang, Sepeda Hias, Dance sport.

“Petualang atau pendakian ke bukit raya itu menjadi olahraga rekreasi, dan juga ada perlomba sepeda-sepeda hias itu bagian dari KORMI. Kami juga akan selalu bekerjasama dengan KONI Katingan serta pemerintah daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui turut hadir dalam kegiatan Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekda Katingan Pransang, sejumlah Kepala SOPD, Ketua KONI Katingan, perwakilan Polres Katingan, Pabung Kodim Katingan 1015 Sampit, serta tamu undangan yang hadir.

(Annas/beritasampit.co.id)