Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dinas Perpustakaan Kolaborasi dengan Komunitas

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya, Noor Apiati.

PALANGKA RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya, melakukan berbagai inovasi seperti kerjasama dengan berbagai komunitas ataupun organisasi. Kerjasama ini merupakan bagian dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya, Noor Apiati menjelaskan, kerjasama itu dalam rangka transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, pihaknya ingin mengubah cara pelayanan yang awalnya pasif menjadi dinamis.

“Untuk hari Rabu 8 Desember 2021 hari ini kita melakukan kerja sama dengan komunitas perempuan yang ada di Kota Palangka Raya, dari Kabupaten Seruyan, Banjarmasin, dan lainnya yang tergabung dalam Dinas Perpustakaan Kota Palangka Raya, melakukan praktek pengolahan bahan kearifan lokal yaitu membuat kripik kelakai, es kopyor dari kelakai, dan pembuatan teh dari daun kelor,” jelasnya saat diwawancara di ruangan kerjanya, Rabu 8 Desember 2021.

BACA JUGA:   Ribuan Warga Palangka Raya Antusias Ikuti Pawai Sambut 1 Muharam

Sehingga fungsi dari perpustakaan selain tempat belajar, juga membantu masyarakat untuk memasarkan hasil produknya baik melalui bazar, pameran dan event yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya.

Selanjutnya, Dinas Perpustakaan akan menggelar kursus komputer gratis untuk masyarakat dengan membangun kegiatan inklusi sosial berkolaborasi bersama komunitas. Sehingga misi dari inklusi sosial itu bisa terlihat hasilnya. (Hardi/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)