Sebanyak 68 Persen Penduduk Barito Timur Sudah Mendapat Vaksin Tahap Pertama

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr Jimmi WS Hutagalung. (ANTARA/Habibullah)

TAMIANG LAYANG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dr Jimmi WS Hutagalung, menyatakan sekitar 68 persen penduduk setempat sudah mengikuti vaksinasi tahap pertama.

“Dalam sepekan mungkin akan meningkat menjadi 70 persen. Kami optimis bisa mencapai target 75 persen capaian vaksinasi di akhir tahun 2021,” kata Jimmi di Tamiang Layang, Sabtu 11 Desember 2021.

Menurutnya, 68 persen tersebut merupakan data sementara karena masih ada beberapa puskesmas yang belum melakukan pembaharuan data vaksinasi ke Dinas Kesehatan Barito Timur.

Pihaknya bersama jajaran juga akan melakukan sinkronisasi data vaksinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan se-Barito Timur.

Kemungkinan ada warga yang menjadi karyawan perusahaan di wilayah Kalsel dan mengikuti vaksinasi di wilayah kerjanya, sehingga belum terdata tim vaksinasi Barito Timur. Demikian pula dengan mahasiswa maupun mahasiswi asal Barito Timur yang mengikuti vaksinasi di luar daerah, yakni di daerah lokasi kuliah.

“Di sisi lain, ada kemungkinan data yang masuk ke kami kurang valid. Untuk itu kami melakukan pendataan mulai desa, kelurahan, kecamatan, hingga di tingkat kabupaten,” jelas Jimmi.

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur RSUD Tamiang Layang itu juga meminta warga lainnya untuk saling mengingatkan, dalam penerapan protokol kesehatan, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru .

Imbauan disampaikan dalam setiap kesempatan agar tidak adanya gelombang ketiga COVID-19 dari dampak libur akhir tahun ini. Masyarakat perlu tahu akan upaya bersama mencegah gelombang ketiga COVID-19.

“Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri, orang yang kita sayangi dan keluarga,” kata Jimmi.

(Antara/BS65)