Kadishub Kobar : Keberadaan Pelabuhan Rakyat Akan Ditata Ulang

Kadishub Kobar Amir Hadi, saat meninjau pelabuhan rakyat.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Amir Hadi, mengatakan dalam waktu dekat keberadaan sejumlah pelabuhan rakyat di Kabupaten Kobar akan ditata ulang.

“Pertumbuhan pembangunan di Kobar saat ini semakin pesat berkembang seiring dengan bertambahnya penduduk,” kata Amir Hadi, Minggu, 19 Desember 2021.

Menurut Amir Hadi, pertumbuhan pembangunan saat ini bukan hanya di Kabupaten Kobar, tapi Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalteng, menyusul informasi Provinsi juga akan segera mengevaliasi tata ruangnya.

“Dalam rangka revisi tata ruang, hal yang patut diperhatikan adalah soal pelabuhan rakyat. Sehingga, nantinya berkesinambungan dalam tata ruang baik Kabupaten Kobar maupun Kalimantan Tengah,” ujar Amir Hadi.

BACA JUGA:   Aktif Sebagai Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid, Kapolda Kalteng Beri Kejutan Berangkatkan Umroh Kepada Aiptu Hartono

Maka dengan adanya revisi tata ruang Provinsi Kalimantan Tengah, Lanjut Amir Hadi, pihaknya juga akan mengusulkan untuk menata kembali pelabuhan rakyat di Kabupaten Kobar yang jumlahnya lumayan banyak.

“Semakin ke sini, pelabuhan rakyat di Kobar semakin banyak dimanfaatkan masyarakat, khususnya untuk menyalurkan hasil produksi pertanian rakyat. Karena pelabuhan rakyat ini sebagai salah satu urat nandi transportasi antar pulau untuk pengembangan perekonomian rakyat”,

Selanjutnya, pelabuhan rakyat di Kobar juga banyak mengangkut barang dari Kalimantan ke Jawa dan begitu sebaliknya. Maka ini butuh diperhatikan agar pelabuhan rakyat lebih maksimal dalam berkontribusi soal ekonomi kerakyatan.

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

“Pelabuhan rakyat ini bisa menampung kapal kecil, yang bisa mengakut sayuran, buah-buahan dari Jawa, semen, material bangunan dan juga sembako,” imbuh Amin Hadi.

Ia menambahkan, yang perlu diperhatikan lagi soal pembangunan pelabuhan rakyat itu sendiri.

“Maka Dinas perhubungan juga mengharapkan bantuan dari Provinsi Kalteng, agar dermaga pelabuhan rakyat yang juga sebagai penyangga pereko nomian Kalteng, menjadi lebih layak memiliki sejumlah sarana dan prasarana, untuk beraktivitas bongkar muat barang dari kapal,” pungkas Amir Hadi.

(man/beritasampit.co.id).