Bupati Kapuas Hulu Ungkap Upaya Penipuan di Akun FB

Akun Facebook yang mengatasnamakan Fransiskus Diaan selaku Bupati Kapuas Hulu sebagai modus penipuan. ANTARA/handout-Humas Setda Kapuas Hulu (Teofilusianto Timotius)

KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan mengungkap upaya penipuan dari sebuah akun di FaceBook (FB) yang mengatasnamakan dirinya dengan modus meminta sejumlah uang dan pulsa kepada masyarakat di daerah tersebut.

Disampaikan Fransiskus, media sosial khususnya Facebook yang mengatasnamakan Bupati bukan kali pertama di Kapuas Hulu.

Menurut dia, beberapa bulan yang lalu juga kasusnya kurang lebih sama, ada orang membuat akun di FB mengatasnamakan dirinya dengan foto profil punya miliknya yang digunakan pelaku untuk meminta pulsa.

“Itu bukan akun saya, akun saya hanya ada satu itu pun untuk menyampaikan kegiatan keseharian saya, bukan untuk meminta pulsa ke sana-sini,” kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, dikutip dari Antara, Senin 20 Desember 2021.

Fransiskus mengimbau kepada semua pihak terutama masyarakat di wilayah Kapuas Hulu untuk lebih berhati-hati atas modus penipuan di media sosial apalagi yang mengatasnamakan dirinya selaku Bupati Kapuas Hulu.

“Saya minta masyarakat tidak mudah percaya pada pengakuan orang melalui aplikasi apa pun, khususnya WA, FB dan media sosial lainnya. Apalagi nomor tidak dikenal dan pelaku minta transfer dana atau pun pulsa,” ucap Fransiskus.

Dikatakan Fransiskus, penipuan menggunakan media sosial merupakan modus lama. Modus penipuan lain itu misalnya mengabarkan menang undian. Lalu korban diminta untuk transfer dana.

“Jadi masyarakat harus hati-hati saja. Kalau harus mentransfer dana dengan dalih akan memberi bantuan atau dapat undian bahkan meminta pulsa. yakinlah bahwa itu modus aksi tipu-tipu dan jangan dilayani,” pesan Fransiskus.

(Antara/BS65)