PNS Harus Jadi Pelayan Bagi Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Suasana zoom penutupan kegiatan pelatihan dasar (Latsar) CPNS gelombang delapan

PALANGKA RAYA – Kegiatan pelatihan dasar (Latsar) CPNS gelombang delapan, Golongan II dan III dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021, secara resmi ditutup.

Kegiatan penutupan yang dilaksanakan secara daring tersebut langsung dilakukan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, yang diwakili oleh staf ahli Gubernur bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Senin 20 Desember 2021 sore.

Yuas Elko menyampaikan, bahwa PNS sebagai Aparatur Pemerintah, mempunyai peran penting dan sangat menentukan untuk keberhasilan pembangunan, serta kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah, selaras dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaborati).

Latihan dasar yang dilaksanakan ini juga dimaksudkan untuk dapat membentuk figur PNS yang nantinya akan mampu memberikan peranannya, sebagai seorang abdi Negara dan abdi masyarakat. Sebagai seorang aparatur pemerintah yang akan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, maka tentunya PNS tidak saja diharapkan memiliki kompetensi, namun juga harus memiliki sikap dan perilaku sebagai seorang pelayan bagi masyarakat.

Selain itu, sebagai seorang aparatur pemerintah yang akan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, maka tentunya PNS tidak saja diharapkan memiliki kompetensi teknis, namun memiliki kompetensi sosio kultural. Kreatifitas juga menjadi penting terutama mengatasi tuntutan di era Industri dan Pandemi Covid-19.

“Saya juga menyampaikan kepada kita sekalian di masa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Negeri Kita khsusunya Provinsi Kalimantan Tengah, tidak lupa mengingatkan untuk selalu waspada dan taat protokol kesehatan Covid 19 walaupun saat ini intensitas penyeberan menurun, sebagai seorang Aparatur Negara harus menjadi Role model dan berperan aktif mensosialisasikan serta mengajak masyarakat untuk melakukan Vaksinasi Covid 19 sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” pungkasnya.

Ia berharap dapat meningkatkan kompetensi dan pengabdian, kepada Bangsa dan Negara khususnya bagi Provinsi Kalimantan Tengah demi Terwujudnya Kalteng makin Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (BERKAH).

“Kepada Penyelenggara, Widyaiswara, peserta, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerjasama dan koordinasi yang baik  dalam penyelenggaraan  pelatihan  ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” lugasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)