Siap-Siap Sambut Nataru, Pemprov Kalteng Tingkatkan Pelayanan

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng juga melakukan berbagai pelayanan kemasyarakatan, terutama mengenai kondisi jalan.

Selain pemantauan dan pelayanan di pelabuhan, bandara dan terminal oleh Dinas Perhubungan, bidang peternakan dan peternakan juga dilakukan pemantauan oleh dinas terkait. Gubernur Sugianto juga mengarahkan pemantauan kondisi infrastruktur.

“Berbagai kesiapsiagaan dilakukan, terutama dalam hal pelayanan masyarakat dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru nantinya. Termasuk pemantauan infrastruktur. Dinas terkait melakukan berbagai upaya dan kesiapsiagaan,” kata Sugianto Sabran melalui rilis yang diterima pada Senin, 20 Desember 2021.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng Shalahuddin, langsung melakukan rapat koordinasi internal dan menyiapkan tim untuk kesiapan pemantauan, dengan membuat sebanyak 15 posko atau titik pemantauan di lapangan di seluruh wilayah Kalteng, untuk antisipasi potensi banjir dan longsor, dengan menyiapkan personel serta alat berat untuk penanganan emergency.

“Pelayanan dan pemantauan juga diarahkan untuk kondisi jalan, terutama di musim penghujan seperti saat ini, dimana berpotensi terjadi angin kencang dan cuaca ekstrem lainnya,” katanya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng melakukan upaya kesiapsiagaan, antara lain dengan menyiapkan alat berat dan membentuk tim siaga kondisi jalan. Mulai hari ini, tim ke posko-posko atau titik pantau di berbagai wilayah.

BACA JUGA:   DPMPTSP Kalteng Siap Fasilitasi Para Pelaku Usaha yang Mengalami Kesulitan Melaporkan LKPM

Dinas PUPR membentuk tim siap siaga kondisi jalan menyambut Natal dan Tahun Baru. Untuk Posko induk, ditempatkan di Kantor Dinas PUPR Provinsi Kalteng di Palangka Raya. Sementara 15 titik posko yang dibangun, ditempatkan di seluruh wilayah Kalteng. Ini upaya Pemerintah dalam membantu kesiapsiagaan menyambut Natal dan Tahun Baru di wilayah Kalteng.

“Tim di posko induk standby dan memantau kondisi jalan di wilayah masing-masing, tim Posko di wilayah menyiapkan alat berat yang siap dioperasikan apabila ada hal yang harus ditangani dengan cepat. Kami siapkan dan siagakan alat berat, mengantisipasi potensi seperti banjir, longsor dan lainya, untuk kenyamanan masyarakat dalam menghadapi Nataru,” pungkasnya.

Dalam hal ini, Dinas PUPR berkoordinasi dengan Polda Kalteng terkait posko pengamanan jalan, di samping berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak Balai agar bantuan dan penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

“Pengamanan jalan ini di lintas jalan Provinsi yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian apabila ada hal urgent yang harus ditangani dengan cepat, termasuk juga dengan pihak Dinas Perhubungan, BPBD. Sehingga dapat sinergi dalam mengamankan Nataru, terutama terkait jalan,” tandasnya.

BACA JUGA:   Bubarkan Aksi Tawuran, Ditsamapta Polda Kalteng Amankan Puluhan Remaja

Mengenai jalan Nasional, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai agar situasi jalan aman dan nyaman untuk dilalui.

Adapun sejumlah ruas jalan menjadi titik pemantauan satgas yang menjadi perhatian saat ini, antara lain Jalan Bukit Rawi, jalan arah Kurun dan Barito, serta Jalan Kotawaringin Lama dan Sampit. Ruas Jalan Pangkalan Bun-Kolam-Sukamara, ruas Jalan Simpang Kenawan-Riam Durian, ruas jalan Sampit Ujung Pandaran-Kuala Pembuang.

Ruas Jalan Pelantaran-Parenggean-Tumbang Snagai-Tumbang Kalang, ruas Jalan simpang Pundu-Tumbang Samba, ruas Jalan Provinsi Dalam Kota, ruas jalan Pulanh Pisau-Pangkoh-Bahaur, ruas jalan Kuala Kapuas-Palingkau-Dadahup-Lamunti dan lainya, ruas Jalan Bukit Liti-Bawan-Kuala Kurun, ruas Jalan Kuala Kurun-Linau-Tumbang Jutuh.

Kemudian, ruas Jalan Patung-Hayaping- Bentot-Kambitin, ruas Jalan Simpang Patas-Tabak Kanilan, ruas Jalan Yos Sudarso-Jalan Sudirman (Puruk Cahu,Mura), dan ruas Jalan lingkar luar Muara Teweh.

“Pemprov terus berupaya untuk pemantauan ruas jalan guna melayani masyarakat kami siapkan, sehingga masyarakat dapat nyaman dalam beraktifitas, termasuk menerima informasi dari masyarakat,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).