Imigrasi Sampit Gelar Upacara Bela Negara

BERSAMA :IST/BERITA SAMPIT - Kepala Imigrasi Kelas II TPI Sampit Bugie Kurniawan (tengah) saat berfoto bersama seluruh jajarannya.

SAMPIT – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara ke 73 sebagai upaya untuk terus meningkatkan rasa cinta tanah air.

“Dengan semangat Bela Negara mati kita kobarkan semangat untuk cinta tanah air, sadar berbangsa dan negara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara,” ajak Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Bugie Kurniawan di Sampit, Senin 21 Desember 2021.

Hari Bela Negara sendiri diperingati setiap  19 Desember merupakan peringatan yang bersumber dari deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia. Upacara ini untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi demi mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Bela Negara.

BACA JUGA:   Jalin Silaturahmi, Golkar Kotim Safari Ramadan di Masjid Attaqwa Terantang

Untuk memperingati Hari Bela Negara tersebut, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit menggelar upacara di halaman kantor mereka. Peringatan kali ini mengusung tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Kepala Kantor Imigrasi menjelaskan, tema tersebut diharapkan dapat menyadarkan seluruh jajaran Kantor Imigrasi Sampit agar memiliki rasa rela berkorban demi bangsa dan negara, serta tetap tumbuh bersama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju.

“Diperlukan dukungan dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa,“ jelas Bugie Kurniawan.

BACA JUGA:   Klopp Sebut Liverpool Tampilkan Permainan Tingkat Tinggi saat Kalahkan MU 4-0

Pelaksanaan upacara peringatan ini sendiri  berlangsung di tengah pandemi, maka dari itu diharapkan menjadi poin penting untuk mengingat kembali momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat bela negara.

Bugie Kurniawan berharap seluruh pegawai Imigrasi Sampit dapat meningkatkan rasa cinta tanah air sesuai tema Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi sebagai insan Imigrasi yang memiliki semboyan ‘‘Bumi Pura Wira Wibawa’’.

(im/rilis/beritasampit.co.id).