Libur Nataru, DPR Ingatkan DTW Terapkan Aplikasi Pedulilindungi Bagi Wisatawan

Salah satu tempat wisata Pantai Anyer, Banten.

JAKARTA– Momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan mengalami lonjakan jumlah kunjungan masyarakat, baik yang melakukan perjalanan pulang kampung ataupun yang akan berwisata.

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin meminta pemerintah daerah (Pemda) dan Dinas Pariwisata (Disparta) untuk mematangkan persiapan dalam mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung terutama wisatawan.

Salah satunya, kata Mukhtarudin yakni mewajibkan setiap pengelola daya tarik wisata (DTW) menyiapkan aplikasi PeduliLindungi hingga berbagai persyaratan operasional dan penyelenggaraan kegiatan wisata.

BACA JUGA:   Teras Narang: Peran Generasi Muda Penting dalam Mengimplementasikan Nilai Kebangsaan

“Hal ini guna risiko penularan Covid-19 pada libur Nataru nanti,” tutur Mukhtarudin, Selasa, (21/12/2021).

Selain itu, politisi Dapil Kalimantan Tengah ini juga mendorong semua pengelola DTW bersama Satgas Covid-19 meningkatkan kewaspadaan disamping melakukan pengawasan serta memonitor pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan tempat wisata.

Kendati demikian, Mukhtarudin mengimbau masyarakat untuk tidak euforia dalam menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru ini, dan tetap meningkatkan kewaspadaan ketika berada diluar rumah.

BACA JUGA:   Legislator Golkar: Mari Perkuat Ikatan Kebangsaan Pasca Pemilu 2024

“Masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes khususnya di tempat-tempat wisata atau area publik. Mengingat, kewaspadaan dan prokes masih menjadi hal penting untuk menghindari diri dari penularan Covid-19,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)