Amankan Nataru, 117 Personel TNI Diturunkan di Dua Daerah

IST/BERITA SAMPIT - Jajaran personel Kodim 1016 Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Kodim 1016 Palangka Raya menerjunkan 117 personel untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2022 (Nataru). Pasukan tersebut dikerahkan selama 10 hari, yakni mulai 23 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Personel tersebut ditugaskan di wilayah Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Sebanyak 68 personel untuk Palangka Raya dan 49 personel untuk Kabupaten Gunung Mas. Mereka disiagakan di Gereja dan beberapa pos,” jelas Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf Rofiq Yusuf usai mengikuti kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Telabang di Mapolda Kalteng, Kamis 23 Desember 2021.

“Penempatan personel di Gereja untuk memberikan rasa aman bagi jemaat umat Nasrani yang beribadah perayaan natal. Selain itu juga untuk memastikan protokol kesehatan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara penempatan personel di pos gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah untuk mengawasi mobilitas masyarakat selama periode natal maupun tahun baru. Karena biasanya mobilitas masyarakat meningkat saat libur tersebut.

“Berkaca dari pengalaman periode Nataru tahun lalu, peningkatan mobilitas masyarakat menyebabkan penambahan kasus konfirmasi. Saat ini kita harus antisipasi dengan varian baru Omicron agar tidak melonjak dan tidak terjadi penularan lokal,” tutup Kolonel Inf Rofiq Yusuf. (M.Slh/beritasampit.co.id).