Bupati Barito Utara Ingatkan Batas Capaian Target Vaksinasi 70 Persen Sepekan Lagi

Bupati Barito Utara Nadalsyah (kedua kiri) berbincang dengan masyarakat yang mengikuti vaksinasi di Puskesmas Lahei I, Kecamatan Lahei, Jumat 24 Desember 2021.ANTARA/handout-Prokopim Barito Utara

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng), Nadalsyah, mengingatkan semua pihak bahwa tersisa sepekan batas waktu capaian target vaksinasi 70 persen pada tahun 2021 di daerah setempat.

“Tinggal enam hari lagi, saat ini telah tercapai 64,37 persen atau tinggal 5,63 persen lagi,” kata Nadalsyah ketika

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Lahei I Kecamatan Lahei, Nadalsyah,  mengatakan, saat ini telah tercapai 64,37 persen dan diharapkan 5,63 persen lagi dari target dapat tercapai akhir tahun ini.

Bupati meminta kepada masyarakat Barito Utara khususnya warga Lahei I agar tidak termakan isu-isu atau hoaks terkait vaksinasi dan mengharapkan agar masyarakat yang belum bervaksin agar segera mendaftarkan diri untuk divaksin

“Bila ada sakit sedikit/kram itu wajar saja, kalau lumpuh itu hanya isu. Beritahu keluarga, tetangga dan teman-teman, divaksin itu tidak sakit. Segera divaksin bagi yang belum, untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap COVID-19,” ucap Nadalsyah, dikutip dari Antara, Jumat 24 Desember 2021, seraya mengingatkan saat ini, varian Omicron telah masuk ke Indonesia.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Selain itu, kata dia, kepada seluruh pihak terkait, baik dari Pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat agar dapat menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Barito Utara.

“Mari bersama kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi, agar tubuh memperoleh kekebalan terhadap COVID-19,” ujar Nadalsyah.

Bupati meminta jajaran Puskesmas Lahei I agar dapat menyosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat.

“Untuk desa yang mudah transportasinya agar dapat dimaksimalkan, sedangkan untuk yang agak susah nanti kita kejar di tahun depan,” kata dia.

Dalam kunjungan ke Puskesmas Lahei I itu Bupati Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah Muhlis dan unsur FKPD serta Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo, Kadis Sosial Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Eveready Noor, unsur Tripika Kecamatan Lahei, Lurah Lahei, Kades Muara Inu, Kades Karendan, Kades Ipu, dan undangan lainnya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Wilayah kerja Puskesmas Lahei I meliputi Kelurahan Lahei I, Desa Muara Inu, Bengahon, Rahaden, Muara Pari, Bengahon, dan Haragandang.

Saat ini, capaian vaksinasi untuk Puskesmas Lahei I kurang dibandingkan dengan Puskesmas lainnya di Kabupaten Barito Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo menyatakan belum tercapainya target vaksinasi dikarenakan terkendala dalam mobilisasi masyarakat, utamanya sasaran vaksinasi.

Mengingat luasnya wilayah kerja dan transportasi ke desa-desa terutama saat musim penghujan.

“Ada beberapa dusun/RT dalam beberapa desa yang transportasinya terkendala, di samping masyarakat yang masih enggan untuk divaksin,” kata Siswandoyo.

Realisasi vaksinasi Barito Utara sampai 22 Desember 2021 sudah untuk vaksin I mencapai 76.675 atau 64,37 persen dan vaksin dosis kedua 43.448 (36,48 persen)

(Antara/BS65)