DPRD Apresiasi Capaian Vaksin di Palangka Raya Capai 102,66 persen

Siswa SD mengikuti vaksinasi COVID-19 di Kota Palangka Raya. (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis pertama, yang dilakukan pemerintah setempat dengan capaian 102,66 persen.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto, mengatakan, capaian tersebut salah satu indikator keberhasilan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam melaksanakan program nasional, terutama terkait penanganan COVID-19.

“Capaian vaksinasi menjelang akhir tahun ini, menjadi capaian yang sangat baik. Di tengah upaya pemerintah menggencarkan vaksin COVID-19, antusias masyarakat juga tinggi dengan persentase capaian 102,66 persen,” kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya, dikutip dari Antara, Kamis Desember 2021.

Belum lagi, lanjut dia, selama beberapa pekan terakhir, angka konfirmasi kasus baru COVID-19 juga sangat kecil. Jumlah pasien positif terjangkit virus corona saat ini juga hanya tiga orang.

BACA JUGA:   HM Khemal Nasery Menentang Keras Rencana Pembongkaran Gedung KONI Kalteng 

Sigit pun mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi oleh Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang turut didukung sejumlah pihak terkait lainnya.

Dia pun mengajak masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sehingga meminimalkan potensi penyebaran dan memaksimalkan mencegah penularan virus corona.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pihaknya juga akan memastikan, setiap kebijakan pemerintah pusat terkait penanganan COVID-19 akan dilaksanakan di wilayah  Kota Palangka Raya, tak terkecuali terkait pengaturan aktivitas masyarakat dalam merayakan Natal dan  Tahun  Baru.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

Berdasar data Satgas COVID-19 Kalimantan Tengah sampai  Senin 27 Desember 2021, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di kota setempat mencapai 102,28 persen atau 229.354 orang telah divaksin. Pemerintah Kota Palangka Raya sendiri menargetkan, masyarakat yang divaksinasi sebanyak 223.417 orang.

Kemudian, untuk vaksinasi COVID-19 dosis kedua telah tercapai 83,78 persen atau sebanyak 187.170 orang telah divaksin COVID-19.

Sementara itu, angka vaksinasi di 13 kabupaten dan satu kota wilayah Provinsi Kalimantan ditargetkan 2.036.104 orang. Dari target itu, 1.525.728 orang atau 74,93 persen sasaran telah divaksin dosis pertama. Kemudian 941.377 orang atau 46,23 persen sasaran telah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua.

(Antara/BS65)