Dandim Palangka Raya Tinjau Pengembangan Ternak Sapi di Kalampangan

IST/BERITA SAMPIT - Petugas inseminator saat melakukan Inseminasi Buatan pada ternak Sapi.

PALANGKA RAYA – Agenda akhir tahun 2021 Komando Distrik Militer (Kodim) 1016 Palangka Raya melaksanakan Bakti Sosial sekaligus meninjau perkembangan peternakan sapi di wilayah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kampung Berkah yang ada di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Program Teritorial peninjauan peternakan sapi tersebut guna memantau pengembangan ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Tengah serta meninjau pelestarian indukan dengan metode Inseminasi Buatan (Kawin Suntik) yang di lakukan oleh Anggota Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Kalampangan.

Proyek percontohan pengembangan ternak sapi dengan jenis Sapi Bali (Bos Sondaicus) yang mana merupakan salah satu bangsa sapi asli Indonesia, dan merupakan keturunan asli Banteng (Bibos Banteng) dan telah mengalami proses domestikasi.

Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf Rofiq Yusuf melalui Kasdim 1016 Letkol Inf Abdul Salim mengatakan bahwa, tujuan kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut penetapan launching kampung berkah di wilayah Kalampangan.

Hal tersebut untuk meyakinkan terhadap kondisi ternak milik kelompok tani harapan Jaya, benar benar sehat dari segi pakan, kelayakan kandang, serta mendampingi cara melestarikan indukan dengan kawin suntik.

“Yang kami harapkan dari kegiatan ini khususnya masyarakat kelurahan kalampangan adalah memiliki kekuatan ekonomi yang berlapis. Bukan hanya mengandalkan kekuatan pertanian saja tetapi juga kembangkan peternakan,” terang Letkol Inf Abdul Salim, Jumat 31 Desember 2021.

Dalam kesempatan lain, Tim Pusat Kesehatan Hewan Kalampangan, Elham Tri A mengungkapkan bahwa, pihaknya selaku pengawas serta pemantau kesehatan ternak di wilayah Kalampangan, yang juga selaku inseminator pembantu dokter hewan bertanggung jawab atas kelangsungan perkembangbiakan sapi bali khusus untuk wilayah Sebangau ini.

“Untuk itu harapan ke depan nya, kami selaku tim kesehatan ternak yang berkerja sama dengan kelompok tani UMKM di wilayah Kalampangan berharap agar selalu mendapatkan pendampingan dan perhatian dari instansi terkait, khususnya untuk para peternak sapi bali karena harus dengan perawatan khusus untuk pengembangan ternak tersebut,” tutur Elham.

Untuk diketahui bahwa, kegiatan teritorial tersebut dilanjutkan dengan penyerahan sembako yang dilakukan oleh Kasdim kepada salah satu perwakilan Kelompok Tani Harapan Jaya dalam rangka bakti sosial Kodim. (M.Slh/beritasampit.co.id).