Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalteng Diharapkan Bisa Kolaborasi Kembangkan Tambak Udang Vaname

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

SUKAMARA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meninjau Tambak Udang Vaname/Shrimp Estate yang berlokasi di Sungai Damar, Kecamatan Sungai Lunci, Kabupaten Sukamara, Jumat 31 Desember 2021.

Pembangunan Kawasan Tambak Udang Vaname merupakan terobosan-terobosan yang diupayakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, sebagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, terutama petani tambak udang.

“Kita melihat hasil dari projek udang vaname di sini, saya melihat cukup sangat menjanjikan. Saya selaku Gubernur Kalteng bersama dengan pihak Himbara, BI, OJK dan khususnya Bank Kalteng akan mendorong pembangunan kawasan tambak udang vaname di Sukamara. Ini akan menjadi komoditi baru di Kalteng,” kata Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Jelang Pilgub, Syauqie dan Iwan Kurniawan Kian Mesra

Sugianto berharap, pembangunan Shrimp Estate di Kalteng didukung oleh Pemerintah Pusat untuk pendanaannya sehingga dapat berkolaborasi dengan daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Harapan saya kedepan Pemerintah Pusat akan mendukung pendanaan untuk pengembangan udang vaname di Kalteng,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, budidaya udang vaname di Kalteng memiliki prospek yang sangat bagus, mengingat budidaya udang vaname bisa dilakukan secara intensive dengan kepadatan tebar tinggi.

BACA JUGA:   Januari 2024, OJK Kalteng Memberikan Layanan Konsumen Melalui APPK

Untuk pemasaran udang secara umum tidak mengalami kendala, hal ini disebabkan udang merupakan produk ekspor dan domestik.

Diketahui, kunjungan Gubernur dilakukan bersama Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait. Dari Pemerintah Daerah hadir Wakil Bupati Sukamara Ahmadi beserta jajaran, dimana kemudian meninjau sejumlah fasilitas infrastruktur dan lainya. (Hardi/beritasampit.co.id).