Puskesmas Ketapang II Klaim Vaksinasi Lansia Capai 75 Persen

VAKSIN LANSIA : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Tim medis Puskesmas Ketapang II memeriksa kesehatan lansia di Balai Pertemuan Desa Bapanggang Raya, Kecamatan MB Ketapang, Kotim, Kalteng.

 

SAMPIT – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ketapang II Kecamatan Mentawa Baru (MB) Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menargetkan vaksinasi khusus lanjut usia (lansia) sebanyak 1200 orang.

Kepala Puskesmas Ketapang II Setio Purwanto mengatakan, target yang telah ditentukan oleh dinas kesehatan kabupaten sebenarnya sudah tercapai bahkan di atas 75 persen.

“Sebenarnya target sudah tercapai di atas 75 persen. Nah, target yang kami kejar 1200 lansia, yang sudah divaksin mencapai 1000 orang,” ucapnya kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, disela-sela pemberian vaksinasi lansia di Desa Bapanggang Raya, Selasa 29 Desember 2021.

Menjelang akhir tahun 2021, lanjutnya, Puskesmas Ketapang II terus berupaya untuk menuntaskan target tersebut dengan jemput bola ke sejumlah desa.

Salah satu jemput bola yang telah terlaksana, kata Setio, lansia yang ada di Desa Bapanggang Raya kemudian lanjut di Desa Bapeang.

“Petugas kami belum merekapitulasi secara keseluruhan, berapa jumlah lansia yang sudah divaksin untuk Desa Bapanggang Raya dan Desa Bapeang. Yang pastinya, secara keseluruhan sudah di atas 75 persen dari 1200 yang ditargetkan,” tegasnya.

Dijelaskannya, vaksinasi lansia ini hanya diperuntukan usia minimal 60 tahun. Vaksin yang diberikan adalah Sinovac untuk tahap pertama dan tahap kedua.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang punya orang tua terutama usia minimal 60 tahun, segera divaksin untuk membangun kekebalan tubuh terhadap Covid-19. Imbauan tidak hanya cukup terapkan prokes, yang utama adalah vaksin,” tandasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)