Barito Selatan Percepat Vaksinasi Anak Usia 6 Hingga 11 Tahun

DEDDY/BERITA SAMPIT : Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Barsel, mengikuti kegiatan Rapat Terbatas Penaganan Covid-19 Tahun 2022 secara virtual dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

BUNTOK Minggu kedua Januari 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) akan lakukan percepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 serentak bagi masyarakat umum, khususnya anak-anak usia 6 hingga 11 Tahun.

“Secara global seluruh keadaan di Provinsi Kalteng sudah bagus serta pencapaian vaksinasinyapun juga sudah bagus. Walaupun demikian, kita semua juga perlu kewaspadaan terhadap adanya varian terbaru virus Covid-19 yakni Omicron sehingga untuk mengantisipasi akan hal tersebut Kabupaten Barsel sendiri perlu dipercepat pelaksanaan vaksinasi khususnya bagi anak-anak yang berusia 6 hingga 11 tahun,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel, drg. Daryomo Sukiastono, kepada beritasampit.co.id usai mengikuti kegiatan rapat terbatas penanganan Covid-19 Tahun 2022 secara virtual dengan Gubernur Kalteng H  Sugianto Sabran bertempat aula Kantor Bupati Barsel, Selasa 4 Januari 2022.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Menurut dia, hal tersebut dikarenakan varian Covid-19 terbaru yakni Omicron sangat rentan menyerang terhadap anak-anak dari usia 6 hingga 11 tahun sehingga harus dipercepat untuk pelaksanaan vaksinasinya.

“Tentunya kita semua berharap, jangan sampai varian terbaru Covid-19 yakni omicron masuk kewilayah Kabupaten Barsel,” katanya menerangkan.

Vaksinasi bagi anak-anak usia 6 hingga 11 Tahun ini, lanju Kadiskes Barsel, dikarenakan Kabupaten Barsel sudah memenuhi syarat dan untuk pencapaian umumnya sebesar 70,5 persen sudah tercapai diakhir bulan Desember 2021 lalu.

“Bahkan bagi Lansia, juga sudah diatas 65 persen dan tertinggi untuk seluruh Kalteng, sehingga sudah bisa melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun dan pelaksanaan vaksinasi serentak ini diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel dilaksanakan pada minggu kedua bulan Januari 2022 ini,” bebernya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Adapun langkah-langkah dari Dinkes Barsel, diungkapkan bahwa percepatan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun untuk data sudah siap, tapi ketersediaan vaksin perlu diperbanyak.

“Takutnya karena sasaran, untuk vaksinasi cukup banyak bagi anak usia 6 hingga 11 Tahun dengan menggunakan vaksin sinovac dan vaksin sinovac tersebut yang kita tunggu suplay vaksinnya,” ujarnya.

Kadinkes Barsel berharap suplay vaksin sinovac bisa dipercepat sehingga pihaknya juga bisa secepatnya melaksanakan vaksinasi khususnya bagi anak usia 6 hingga 11 tahun tersebut.

“Pada intinya, dengan data yang telah siap maka kita akan dengan segera melaksanakan vaksinasi serentak di enam Kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel bagi anak usia 6 hingga 11 kahun,”Pungkas Daryomo Sukiastono.

(Ded/beritasampit.co.id