Berkat Gotong Royong, Akses Jalan Menuju Desa Camba Akhirnya Lancar

GOTONG ROYONG : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Warga Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Kotim, Kalteng, bergotong royong memperbaiki infrastruktur jalan rusak menuju ke Desa Camba.

SAMPIT – Jalan kabupaten dari perempatan antara Desa Kandan (kanan) dan Desa Camba (kiri), Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), sebelumnya rusak parah, kini sudah bisa dilewati dengan lancar.

“Berkat gotong royong warga Desa Camba dan adanya dukungan serta sumbangan pihak ketiga, akses jalan menuju Desa Camba sudah bisa dilewati lancar karena tidak ada lagi kubangan lumpur seperti sebelumnya,” ucap Camat Kota Besi Gusti Mukafi saat memantau di lapangan, Selasa 4 Januari 2022.

BACA JUGA:   Semua Bangunan Yang Berdiri Manfaatkan Ruang Milik Jalan di Sampit Tak Berizin

Dia menjelaskan, gotong royong yang dilakukan warga Desa Camba patut diapresiasi. Sebab, kata Mukafi, warga secara swadaya memberikan bantuan berupa tanah urug dan kayu, sedangkan pihak ketiga menurunkan alat berat untuk memudahkan perbaikan infrastruktur jalan.

“Budaya gotong royong di Desa Camba ini luar biasa bagusnya, ada 6 titik kerusakan jalan tidak sampai sehari selesai diperbaiki dan dibantu alat berat dari pihak ketiga,” ujar Mukafi.

Menurutnya, kerusakan infrastruktur jalan itu bukan dikarenakan sering dilindas truk bermuatan misalnya kelapa sawit. Akan tetapi, kata Mukafi, akses jalan tersebut merupakan untuk keperluan masyarakat umum.

BACA JUGA:   Jumlah Murid Minimal, Disdik Kotim Ingatkan Jaga Mutu Sekolah

“Tidak ada truk bermuatan kelapa sawit menuju Desa Camba, yang ada hanya untuk keperluan masyarakat seperti para penjual dan pedagang yang datang luar desa menawarkan hasil dagangannya ke warga desa setempat,” tegas Mukafi.

Untuk itu, tambahnya, pemerintah kecamatan dan Pemerintah Desa mengharapkan infrastuktur jalan yang sudah diperbaiki hendaknya sama-sama dijaga dirawat supaya pengguna jalan merasa nyaman dan lancar ketika melintas di jalan kabupaten tersebut. (ifin/beritasampit.co.id).