Capaian Vaksinasi 70,5 Persen Barito Selatan Bertahan di Zona Hijau

DEDDY/BERITA SAMPIT : Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri didampingi Kadis PUPR Ita Minarni dan Kadis Poraparbud Manat Simanjuntak, saat diwawancarai awak media. Selasa, 4 Januari 2022.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Eddy Raya Samsuri mengatakan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dalam hal penanganan Covid-19 mampu bertahan pada level zona hijau dengan pencapaian vaksinasi 70,5 persen.

Menurutnya, hal itu patut dibanggakan. Sebab berada di level zona hijau serta mampu mencapai taget vaksinasi 70,5 persen merupakan hasil yang luar biasa.

“Keberhasilan ini merupakan dukungan serta kerjasama dari semua pihak.yang telah bahu membahu, untuk mengatasi pademi di Kabupaten Barsel yang kita cintai bersama ini,” kata Bupati Barsel kepada sejumlah media, Selasa 4 Januari 2022.

Orang nomor satu di Kabupaten yang bejuluk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus ini juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Barsel pada umumnya terutama bagi Lansia yang selalu aktif dan antusias untuk mengikuti vaksinasi.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Bahkan, terkait pencapaian vaksinasi Covid-19 bagi Lansia Kabupaten Barsel adalah yang tertinggi di seluruh wilayah Provinsi Kalteng, yakni berada pada angka 65 persen.

“Selanjutnya di minggu kedua bulan Januari 2022 ini, kita juga akan menghadapi pelaksanaan tahapan vaksinasi Covid-19 berikutnya. Hal tersebut guna mencegah varia terbaru yaitu Omicron yang kita harapkan jangan sampai masuk ke wilayah Kabupaten Barsel,” katanya.

Terkait gencarnya pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya menambahkan, Pemkab Barsel sendiri telah mengatur anggaran sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia dan SK. Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia yaitu untuk refocusing anggaran sebesar 5 hingga 10 persen.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Dimana untuk dana kesehatan, sudah dianggarkan sebesar Rp. 26 Miliar sementara untuk pelaksanaan kegiatan bersama-sama dengan Forkopimda, TNI/Polri serta yang lainnya sebesar Rp. 40 Miliar,” ungkapnya.

“Kita semua berharap, semoga ini bisa berjalan dengan baik di tahun 2022 ini dan kami ucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta yang lainnya semoga kita bisa menangani pademi ini dengan baik di Kalteng pada umumnya dan Kabupaten Barsel pada khususnya,” tukas Eddy Raya Samsuri.

(Ded/beritasampit.co.id)