Kekuatan Damkar Kotim Akan Disebar ke Beberapa Kecamatan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Hawianan. ANTARA/Norjani

SAMPIT – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), segera menyebar kekuatan personel dan armada ke kecamatan untuk kecepatan menjangkau lokasi jika terjadi kebakaran di kecamatan yang jauh dari pusat kota Sampit.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kotim, Hawianan, mengatakan selama ini jarak tempuh menjadi salah satu kendala dalam kecepatan penanganan kebakaran. Kondisi ini perlu solusi karena penanganan kebakaran memerlukan kecepatan petugas pemadam kebakaran mencapai lokasi.

“Kami sudah merencanakan itu dan tahun ini rencananya direalisasikan. Nanti akan dibuat Pos Damkar di empat Kecamatan yaitu Telawang, Samuda, Pundu dan Parenggean,” kata Hawianan, dikutip dari Antara, Rabu 5 Januari 2022

Pembentukan Pos Damkar ini, lanjut Hawianan, menyikapi kondisi wilayah Kabupaten Kotim yang cukup luas dan medan yang sulit. Sementara jika mengandalkan kekuatan dari personel pemadam dari kota Sampit maka akan membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke lokasi jika terjadi kebakaran di kecamatan yang jauh dari pusat kota.

BACA JUGA:   Camat Baamang Sambut Baik Perbaikan Jalan Perum Bukit Permai

Seperti kebakaran yang terjadi di Pasar Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu pada Senin 3 Januari 2022 lalu, personel Dinas Damkar dan Penyelamatan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai lokasi kebakaran karena jaraknya sekitar 93 kilometer dari Sampit.

Selain mengantisipasi kebakaran bangunan, hal ini juga mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang selalu menjadi ancaman setiap tiba musim kemarau. Keberadaan Pos Damkar nantinya akan memperkuat penanganan karhutla di empat kawasan tersebut.

Empat kecamatan dipilih untuk pembentukan Pos Damkar agar memudahkan menjangkau lokasi di empat kawasan atau wilayah tersebut. Keberadaannya nantinya diharapkan membuat pemadaman kebakaran lebih cepat sehingga kebakaran besar bisa dicegah.

BACA JUGA:   Viral Video Masyarakat Tanam Sayur dan Berenang di Jalan Rusak di Mentaya Hulu

Pos Damkar di Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan untuk menjangkau wilayah selatan, Pos Damkar Kecamatan Telawang untuk menjangkau wilayah barat, Pos Damkar Pundu Kecamatan Cempaga Hulu untuk menjangkau wilayah tengah dan sebagian utara, sedangkan Pos Damkar Kecamatan Parenggean untuk menjangkau wilayah utara.

Untuk kesiapan sarana, kata Hawianan, sudah ada bangunan pos di Telawang. Untuk di Kecamatan Parenggean sedang diupayakan lahannya oleh pemerintah kecamatan, sedangkan di Pundu dan Samuda akan ditempatkan di kantor kecamatan.

“Kami yakin tahun ini bisa diwujudkan. Sudah kami usulkan juga untuk bantuan dari pemerintah pusat. Untuk persiapan UPTD, sementara ditempatkan personel Damkar kabupaten di kecamatan dengan sebutan Pos Damkar,” kata Hawianan.

(Antara/BS65)