Pemkab Katingan Terima Hibah Tanah dari Majelis Sinode GKE untuk Dibangun Fasilitas Kesehatan

IST/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, bersama Ketua Majelis Sinode GKE Pendeta Simpon F. Lion, saat Penandatanganan Naskah Hibah Daerah.

KASONGAN –  Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) hibahkan tanah atas penyerahan sebagian lahan eks Rumah Sakit Tumbang Samba seluas 1 Hektare, kepada Pemerintah Kabupaten Katingan.

Hibah sebagian lahan eks rumah Tumbang Lahang ini untuk Pembangunan Pusat Kesehatan (Puskesmas) guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya.

Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan penandatanganan Naskah Hibah Daerah (PNHD) telah dilakukan pada 29 Desember 2021 lalu, antara Bupati Katingan Sakariyas, bersama Ketua Majelis Sinode GKE Pendeta Simpon F. Lion, di Gereja Bintang Sawah Tumbang Lahang Kecamatan Katingan Tengah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Majelis Sinode GKE Tumbang Lahang atas penyerahan dan serah terima sebagian lahan eks rumah sakit desa tumbang lahang ini. Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan akan mencatatnya dalam pencatatan aset perihal penyerahan hibah tanah dan bangunan ini. Dan kita akan berkomitmen untuk mengembalikan sejarah bahwa rumah sakit GKE di tumbang lahang akan dibangkitkan kembali,” jelas Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini.

BACA JUGA:   Gelar GPM Saat Bulan Ramadan, DKPP Katingan Kerja Sama dengan Bulog Regional Kalteng

Dijelaskan, Pukesmas Tumbang Samba akan direlokasikan di Desa Tumbang Lahang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Katingan Tengah. Pasalnya, di Tumbang Samba telah dibangun Rumah Sakit Pratama yang akan menjadi rujukan bagi beberapa puskesmas di wilayah utara seperti Tumbang Samba, Tumbang Kaman, Tumbang Hiran, Tumbang Baraoi, Tumbang Sanamang dan Tumbang Kajamei.

BACA JUGA:   Polres Katingan Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Telabang

“Saat ini Puskesmas Tumbang Samba lebih baik direlokasi ke Desa Tumbang Lahang. Selain kita telah mendapatkan hibah berupa tanah dan bangunan dari Majelis Sinode GKE. Tempatnya juga lebih strategis, karena mengingat sering kali daerah kita selalu terdampak banjir,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Majelis Sinode GKE Pendeta Simpon F. Lion, berharap tanah yang dihibahkan saat ini kepada Pemkab Katingan dapat bertumbuh untuk mensejahterakan masyarakat Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini dapar bermanfaat bagi masyarakat khususnya sebagai pusat peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Katingan Tengah dan Sekitarnya,” terang Pendeta Simpon F. Lion.

(Annas/beritasampit.co.id)