PUPR Seruyan Diminta Buat Saluran Drainase Kawasan Kumuh di Empat Kecamatan

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, Arrahman. ANTARA/handout-Publikasi DPRD Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) , Arrahman, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat membuatkan saluran drainase di kawasan kumuh di Kecamatan Danau Sembuluh, Kecamatan Hanau, Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Seluluk.

Menurut dia, permintaan itu sebagai upaya mengurangi risiko terjadinya banjir sekaligus menindaklanjuti usulan masyarakat yang disampaikan saat melaksanakan reses di dapil II.

Masalah saluran drainase khususnya di daerah kawasan kumuh yang ada di ibu kota kecamatan, lanjut Arrahman, harus benar-benar bisa di perhatikan, mengingat di dapil II beberapa tahun terakhir sering terjadinya banjir, sehingga upaya-upaya antisipasi harus dilakukan dengan maksimal salah satunya dengan pembuatan drainase.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Khususnya untuk di ibu kota kecamatan di daerah kawasan kumuhnya, itu saluran drainase harus dibuat setidaknya dapat meminimalisir tergenang air dan juga dapat kebersihan lingkungan sekitar,”kata Arrahman dikutip dari Antara, Rabu 5 Januari 2022.

Dakuinya, bahwa anggaran yang diperlukan untuk pembuatan saluran drainase ini cukup besar. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan, karena pembangunannya dapat dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Untuk memudahkan dalam pembangunan itu kan, kalau memang anggarannya tidak mencukupi untuk diselesaikan, bisa kita lakukan secara bertahap. Jadi, kalau hal tersebut konsisten untuk dibangun saya yakin satu atau dua tahun ke depan bisa diselesaikan,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, bahwa untuk mencegah terjadinya banjir ini juga tidak hanya dari memperbaiki atau membangun saluran drainase, tapi yang tidak kalah penting adalah dukungan dari masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini seperti menjaga lingkungan tetap bersih dan lain sebagainya.

(Antara/BS65)