Komisi IV DPRD Kalteng Tinjau Perbaikan Jalan Buntok-Kalahien di Barito Selatan

DEDDY/BERITA SAMPIT : Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalteng H. Achmad Rasyid Agani ( dua dari kiri) bersama Iswandi ( tiga dari kanan), saat meninjau perbaikan ruas jalan Asam menuju Provinsi, Kamis 6 Januari 2022.

BUNTOK – Anggota Komisi IV  DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Achmad Rasyid Agani dan Iswandi meninjau secara langsung perbaikan sementara ruas Jalan Buntok-Kalahien STR 15.900 tepatnya di Rt 41 Jalan Asam menuju Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, di Kelurahan Buntok Kota, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kamis 6 Januari 2022.

H. Achmad Rasyid mengatakan, kunjungan yang dilakukan adalah ingin melihat secara langsung perbaikan sementara ruas jalan Buntok-Kelahien atau jalan Asam menuju Ibu Kota Provinsi itu sembari menyaring aspirasi dan memberikan masukan kepada warga.

“Salah satunya tentang bagaimana, agar jalan ini bisa dapat bertahan lama dan memberitahukan jika proyek perbaikan jalan yang berstatus milik Pusat ini pada bulan Februari 2022 mendatang akan direalisasikan perbaikannya,” kata Achmad Rasyid kepada beritasampit.co.id, Kamis 6 Januari 2022.

Kehadiran anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalteng Komisi IV, juga didampingi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barsel, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Barsel, Camat Dusel Evi Kusuma Wardhani dan Lurah Buntok Kota.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Menurut, adik kandung mantan Gubernur Kalteng Asmawi Agani ini, adanya aksi penutupan jalan yang dilakukan oleh warga sekitar beberapa hari lalu merupakan sesuatu yang sangat wajar dan mereka hanya menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

“Bahwa ini yang dibutuhkan, bahkan jika tidak adanya aksi penutupan jalan ini oleh warga mungkin penanganan perbaikannya tidak secapat ini,”jelas Achmad Rasyid Agani.

Dirinya bersyukur, dengan adanya aksi penutupan jalan itu pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III Provinsi Kalteng langsung turun kelapangan dan segera ditangani. Diharapkan dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan jalan secara permanen.

“Oleh sebab itu, kita juga akan melakukan koordinasi dengan pihak provinsi maupun BBPJN Wilayah III Provinsi Kalteng, sehingga kemampuan jalan bisa berkemampuan dengan beban 20 ton sesuai dengan tren lalu lintas saat ini terutama jalan harus sesuai kualitas dengan kapasitasnya pula,” terang Achmad Rasyid Agani.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Sementara itu Kabid Bina Marga DPUPR Barsel M. Taufik mengatakan, sejak tahun 2021 lalu hingga saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak BBPJN Wilayah III Provinsi Kalteng terkait penanganan ruas jalan ini yang mana untuk kewenangannya adalah dari pihak privinsi sendiri.

“Kita mengucapkan terima kasih, akhirnya mereka cepat tanggap dengan kondisi dilapangan saat ini walaupun hanya dengan perbaikan sementara sembari menunggu tahapan dari proses pelelangan paket pekerjaan ruas jalan asam menuju provinsi,” ungkapnya.

“Perbaikan jalan saat ini ditangani darurat dengan menggunakan dana rutin. Meski belum permanen, namun perlu diketahui kita telah mendapatkan desain pembangunan jalan bertarap nasional. Tentunya perbaikan ruas Jalan Asam-Provinsi ini dikerjakan pada bulan Februari 2022 mendatang dan saat ini telah mempersiapkan proses lelang,” pungkas M. Taufik.  

(Ded/beritasampit.co.id)