Pemkab Kobar Melalui Diskanla Akan Salurkan 61 Unit Kapal untuk Nelayan

IST/BERITA SAMPIT - Kapal bantuan dari Pemkab Kobar yang akan disalurkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kobar kepada para Nelayan.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Kobar pada tahun 2022 berencana akan menyalurkan 61 Unit Kapal kepada para nelayan di Kabupaten Kobar.

Kadis Perikanan dan Kelautan, Hepy Kamis saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Kamis, 6 Januari 2022 membenarkan dalam waktu dekat nanti Diskanla akan menerima kapal baru sebanyak 61 unit dari Pemkab Kobar.

“Secara khusus pengadaan kapal kami sedang melakukan evaluasi, terutama dari sisi kesesuaian dengan kebutuhan nelayan dan juga menyangkut evaluasi terhadap kelompok yang mengajukan proposal agar sasarannya tepat, terutama kami prioritaskan bagi nelayan kecil yang engga punya akses permodalan atau kurang mampu,” kata Hepy.

BACA JUGA:   Kuncoro Candrawinata Bagikan Ratusan Paket Sembako Ramadan Kepada Karyawannya dan Warga Kurang Mampu

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Usaha Kecil Pembudidaya Ikan, Manis Suharjo mengatakan, bantuan kapal sebanyak 61 unit tersebut mulai dari ukuran 1 GT sampai 5 GT (Gross Ton). Nantinya diserahkan kepada sejumlah kelembagaan nelayan melalui koperasi atau kelompok usaha bersama (KUB).

“Bantuan kapal nelayan akan diserahkan secara bertahap melalui kelompok usahanya masing – masing,” kata Manis Suharjo.

Manis Suharjo menyampaikan, pemberian bantuan kapal nelayan merupakan wujud dari program prioritas Pemerintah Daerah, yaitu peningkatan sektor pertanian dalam arti luas yakni sektor perikanan di Kobar.

Untuk itu, Pemerintah Daerah berharap melalui bantuan kapal tersebut meningkatkan produktivitas nelayan dan kesejahteraan para nelayan bisa meningkat.

“Nantinya juga tidak hanya kapal yang kami berikan pada nelayan, tetapi juga akan diberikan bantuan peralatan tangkap mulai dari GPS, jaring tangkap dan life jaket,” tuturnya.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah juga tak henti-hentinya mengingatkan nelayan untuk tetap menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem ikan.

“Ini juga dalam rangka menjaga kelestarian, sehingga kaki memberikan alat tangkap ramah lingkungan seperti pengilar dan jaring ikan. Kami juga sering bersama Polairud melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada nelayan sungai,” imbuhnya.

Dia menginformasikan, Diskanla Kabupaten Kobar pada tahun 2021 telah menyalurkan bantuan kapal sebanyak 63 unit kepada para nelayan di Kabupaten Kobar. (Man/beritasampit.co.id).