Sejumlah Jabatan Kepala Dinas Dilelang Pemkot Pontianak

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. ANTARA/HO-Humas Pemerintah Kota Pontianak

PONTIANAK – Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat akan melakukan “lelang jabatan” untuk beberapa posisi Kepala Dinas yang kosong di lingkungannya.

“Kami secepatnya akan melakukan lelang jabatan untuk mengisi jabatan eselon dua yang masih kosong tersebut,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, di Pontianak dikutip Antara, Kamis 6 Januari 2021.

Ia menjelaskan, ada beberapa posisi kepala dinas yang akan dilakukan penawaran terbuka, seperti jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pontianak dan segera menyusul beberapa dinas lain. “Mudah-mudahan akhir Januari 2022 ini semuanya bisa rampung,” ujarnya.

Sejumlah jabatan eselon dua di lingkungan Pemkot Pontianak yang kosong di antaranya di Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bappeda serta dua dinas yang baru dibentuk seperti Dinas Kesbangpol, dan Dinas Tenaga Kerja. “Jabatan-jabatan yang lowong ini harus segera terisi agar roda organisasi tetap berjalan,” katanya.

Selain itu, menurut dia, mereka juga akan melakukan evaluasi pada beberapa posisi jabatan kepala dinas untuk dirotasi.

Menurut dia, rotasi dalam jabatan merupakan hal yang biasa dalam struktur organisasi, namun tetap harus mengikuti aturan dan sesuai dengan mekanismenya. Sebagaimana petunjuk dan arahan serta pertimbangan dari Tim Panitia Seleksi dan Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Jadi harus atas persetujuan dan rekomendasi dari KASN, setelah ada rekomendasi baru kita lakukan pelantikan,” ujarnya. (Antara/Han/beritasampit.co.id).