Capai UHC di Hari Jadi ke-69, Pemkab Kotawaringin Timur Beri Perlindungan ke Masyarakat

TERIMA :IST/BERITASAMPIT - Bupati Kotawaringin TIimur, Halikinnor (kiri) saat menerima piagam penghargaan UHC dari Kepala BPJS cabang Sampit, Budi Sukwara (kanan) menyerahkan piagam.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur,  (Kotim),  menerima  penghargaan dari BPJS Kesehatan Cabang Sampit atas dukungan dan komitmen Universal Health Coverage (UHC) yang telah dicapai dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS pada tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan perayaaan hari jadi Kabupaten Kotawaringin Timur ke-69, Jum’at 7 Januari 2022.

Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan bahwa  pencapaian UHC merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk memberikan perlindungan berupa jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Program JKN-KIS adalah kado untuk masyarakat di hari jadi Kabupaten Kotawaringin Timur ke-69 yang diperuntukkan untuk jaminan kesehatan masyarakat yang memang membutuhkan. Ini merupakan predikat UHC Kotim tahun ke-4 sejak 2018 lalu. Diharapkan dengan adanya jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS tentunya akan membuka akses layanan kesehatan untuk masyarakat dan juga masyarakat yang miskin dan tidak mampu tidak perlu lagi memikirkan biaya berobat karena Pemda telah menjamin melalui Program JKN-KIS,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Budi Sukwara sangat mengapresiasi dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Koim dalam menjaminkan jaminan kesehatan masyarakat miskin dan tidak mampu dan mendorong perluasan segmen Non Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS BPJS Kesehatan. Menurutnya, kepercayaan dari Pemerintah Daerah harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan menghadirkan layanan terbaik Program JKN-KIS.

Dirinya menyebut, jumlah kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Kotawaringin Timur telah mencapai 97.55% dari jumlah penduduk 416.227 jiwa. Diharapkan, di tahun 2022, jumlah kepesertaan tersebut semakin bertambah menjadi 100%.

“Tentunya kita akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kapada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, sehingga dengan layanan yang baik tentunya juga akan meningkatkan kepuasan masyarakat dan juga dapat menjaga kepercayaan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk terus menghadirkan jaminan kesehatan yang berkualitas,” demikiannya.

(im/beritasampit.co.id).