Vaksinasi anak 6-11 Tahun di Kapuas Gunakan Pendekatan Ramah Anak

Usai divaksin COVID-19, para siswa SD di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas berswafoto pada stan foto yang tersedia, Sabtu 08 Januari 2022. ANTARA/handout-Puskesmas Pulau Kupang

KUALA KAPUAS – Untuk menarik minat para siswa mengikuti vaksinasi COVID-19, di Puskesmas Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggunakan pendekatan ramah anak yang kekinian dengan menyediakan properti stan foto atau photo booth.

Plt. Kepala UPT Puskesmas Pulau Kupang, Yoesthina, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada jadwal yang sudah ditentukan sesuai koordinasi dengan pihak terkait dan dalam pelaksanaan vaksinasi mempedomani protokol kesehatan, yakni secara bergantian dan terjadwal untuk menghindari kerumunan anak.

“Hari ini kami kembali melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun dan menyasar SDN 1 Pulau Mambulau dan SDN 2 Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh, dengan sasaran sebanyak 200 anak. Dengan menggunakan caption atau keterangan kekinian yang mengandung ajakan untuk menyukseskan vaksinasi,” kata Yoesthina, di sela kegiatan, dikutip dari Antara, Sabtu 8 Januari 2022.

Dalam vaksinasi dengan sasaran anak oleh UPT Puskesmas Pulau Kupang kali ini, tim vaksinasi sengaja mendekorasi tempat vaksinasi sedemikian rupa agar tampak menarik, sehingga anak yang antre untuk divaksinasi merasa nyaman dan tidak takut. Salah satunya dengan menyediakan photo booth menggunakan platform Instagram di dekat area tempat vaksinasi. Hal ini sangatlah bermanfaat dan merupakan ide cemerlang sebagai media sosialisasi kepada anak untuk tidak takut divaksinasi.

”Mereka yang sudah divaksinasi dipersilakan berfoto ria menggunakan ilustrasi yang berisi tentang ajakan mendapatkan vaksin dengan bahasa kekinian yang mudah di pahami,” kata dia.

Dengan begitu akan diunggah di media sosial dan akhirnya secara tidak langsung mereka turut serta mensosialisasikan kepada anak anak lain agar tidak takut karena vaksin ini aman digunakan.

Sementara itu, Camat Bataguh Syuryadin, mendukung serta mengapresiasi ide kreatif dari Puskesmas Pulau Kupang, dengan menggunakan konsep yang bersahabat dan ramah anak.

“Saya mengajak seluruh warga khususnya kepada orang tua agar memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya vaksinasi COVID-19,” ujarnya.

Hal itu sebagai upaya membentuk kekebalan tubuh pada anak dan diharapkan mereka segera mendapatkan vaksin. Mereka bisa divaksinasi di sekolah maupun diajak ke puskesmas sesuai jadwal yang dibuat.

(Antara/BS65)