Pantau PAD Kalteng, Pemprov Akan Pasang CCTV Analitik di Setiap Daerah Sentral Ekonomi

M.SLH/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) akan memasang CCTV analitik di setiap daerah-daerah sentral ekonomi guna memantau Pendapat Asli Daerah (PAD).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DiskominfoSantik Kalteng, Agus Siswadi menyampaikan bahwa, pemasangan CCTV Analitik yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, dalam rangka khusus PAD. Misalnya memantau angkutan umum, sehingga nantinya bisa mengetahui berapa kubikasi yang mereka angkut.

“Memang CCTV analitik ini tidak bisa membaca jumlah Ton nya, tetapi kubikasi nya, misalkan memantau plat motor, mobil. Jadi dia akan membacanya, ini belum bayar ataupun sudah bayar pajak ini semua akan ketahuan,” jelas Agus Siswadi belum lama ini.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Lakukan Sosialisasi Pembentukan Kawasan Perdesaan, Atasi Kesenjangan Penduduk antara Desa dan Kota

Lebih lanjut Agus mengatakan, dalam memantau itu semua, tentunya DiskominfoSantik Kalteng akan bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (BPD) yang mempunyai bank data terkait dengan kendaraan tersebut.

Kemudian ia juga menjelaskan, untuk jenis CCTV Analitik yang dipasang itu berbeda dengan CCTV yang dipasang di setiap lampu merah, karena ini hanya dipasang di beberapa lokasi saja, terkhususnya sentra ekonomi.

“Kalau CCTV analitik ini akan membaca, misalkan di matanya nanti akan langsung keluar data NIK bagi orang yang membawa kendaraan itu. Nah, kalau CCTV biasanya itu kan hanya bisa melihatnya ataupun memantau saja,” tuturnya.

BACA JUGA:   DAD Kalteng Bersama Berbagai Lembaga dan Ormas Kembali Gelar Pasar Ramadan

DiskominfoSantik Kalteng akan berkerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), yang mana mereka memiliki bank datanya.

“Untuk nantinya titik CCTV analitik ini masih diajukan kepada Gubernur Kalteng, yang paling penting itu di sentral ekonomi kemudian DAS Barito itu pasti, karena di sana dilewati tongkang yang mengangkut Sumber Daya Alam (SDM). (M.Slh/beritasampit.co.id).