Pemkab Barito Timur  Segera Uji Coba Bus Sekolah Gratis

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (kiri) didampingi Wabup Habib Said Abdul Saleh. (ANTARA/Habibullah)

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, segera melakukan uji coba bus sekolah gratis pada awal 2022 ini untuk mempermudah anak-anak bersekolah.

Menurut orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu, setelah dilaksanakan uji coba maka akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yakni pengoperasionalan bus. Pihaknya telah melakukan pengaturan mekanisme trayek angkutan bus sekolah agar pengoperasionalannya bisa berjalan lancar.

“Program ini untuk memudahkan peserta didik menuju sekolah yang berada pada lintasan jalan A Yani rute Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah menuju Kelurahan Taniran, Kecamatan Benua Lima,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas dikutip dari Antara, Senin 10 Januari 2022.

BACA JUGA:   Polantas Bartim Dampingi PKS SMAN 1 Tamiang Layang Tegakkan Prokes

Sementara untuk waktu operasional bus sekolah rencananya akan berangkat dari Terminal Barombot di Ampah Kota itu, yakni sekitar pukul 05.30 WIB. Kemudian, pukul 15.00 WIB dari Terminal Pasar Panas di Kelurahan Taniran setiap hari sekolah kecuali hari libur.

“Di masa pandemi COVID-19 ini kita mengerti kondisi keuangan daerah dan kondisi ekonomi masyarakat. Semoga bisa membantu masyarakat, khususnya anak-anak bersekolah,” jelasnya.

Bupati Barito Timur meyakini, bus sekolah yang digratiskan akan mempermudah anak warga dalam transportasi dan efisiensi waktu dalam mengenyam pendidikan.

BACA JUGA:   Kepolisian Barito Timur Perketat Pengawasan Lalu Lintas Orang Guna Tekan Penularan Covid-19

“Kita sangat mengharapkan sekali agar angkutan bus sekolah yang dilaksanakan secara gratis ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat, khususnya pelajar,” kata dia.

Ampera menambahkan, jika bus sekolah yang disediakan benar-benar dimanfaatkan dan antusias pelajar tinggi maka akan dilaksanakan penambahan armada.

“Saat ini hanya ada satu saja. Kita melihat dulu bagaimana masyarakat memberikan respon. Jika disambut antusias maka kami akan melakukan penambahan armada sebanyak satu lagi,” kata Ampera.

(Antara/BS65)