Waspada! Ini Peringatan Dini BMKG Soal Cuaca Kaltim Dalam Tiga Hari

Ilustrasi - Anak-anak sedang bermain di area banjir akibat hujan lebat di Gunung Lingai, Samarinda, Kaltim, tahun lalu (Antara/M Ghofar)

BALIKPAPAN – BMKG melalui Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, mengeluarkan peringatan dini cuaca Kaltim selama tiga hari berupa hujan lebat berpetir disertai angin kencang, sehingga semua pihak diminta mewaspadai dampaknya.

“Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam tiga hari, 10-12 Januari berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Heni Herlina di Balikpapan, dikutip Antara, Senin 10 Januari 2022.

Dampak yang bisa ditimbulkan dari kejadian ini adalah jalan licin, banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya sehingga masyarakat dan pihak terkait seperti BPBD di masing-masing daerah diminta melakukan antisipasi terhadap dampaknya.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Kawasan yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat itu adalah pada Senin, 10 Januari terjadi di Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Bentian Besar, Bongan, dan Long Iram.

Kecamatan Muara Wahau di Kabupaten Kutai Timur, sejumlah kawasan di Kota Balikpapan. Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang meliputi Kecamatan Babulu dan Penajam. Kecamatan Kelay di Kabupaten Berau.

Di Kabupaten Paser meliputi Kecamatan Batu Sopang dan Tanah Grogot, Kabupaten Mahakam Ulu meliputi Kecamatan Laham, Long Apari, Laham, dan Long Bangun. Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Jawa, dan Tabang.

Kemudian pada Selasa, 11 Januari terjadi di Kota Balikpapan. Kabupaten Berau meliputi Kecamatan Kelay dan Pulau Derawan. Kutai Barat meliputi Kecamatan Bentian Besar, Tabang, Sendawar, Damai, Melak, Bongan, Long Iram, dan Muara Pahu.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Kabupaten Paser meliputi Kecamatan Batu Sopang dan Tanah Grogot. Mahakam Ulu meliputi Kecamatan Laham, Long Apari, dan Long Bagun. Kecamatan Penajam di PPU. Kecamatan Tenggarong di Kutai Kartanegara. Kecamatan Bengalon, Muara Ancalong, Muara Muntai, dan Kongbeng di Kutai Timur.

“Untuk Rabu, 12 Januari, hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi Tanah Grogot, Bongan, Muara Jawa, Long Iram, Long Apari, Loa Janan Ilir, Bengalon, Sendawar, Damai, Kongbeng, Long Apari, dan Kecamatan Damai,” ujar Heni. (Antara/Han/beritasampit.co.id).