Disdik Kotim Programkan Guru PAUD Kontrak Dapat Insentif

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi.

SAMPIT – Upaya mendorong kemajuan di dunia pendidikan terus dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), salah satunya dengan menunjang pendapatan tenaga kontrak guru PAUD.

“Insentif guru PAUD yang merupakan tenaga kontrak diperkirakan mendapatkan insentif sekitar Rp 200 ribu per bulan dan selama satu tahun kita anggarkan,” kata Kepala Disdik Kotim Suparmadi, Selasa 11 Januari 2022.

Untuk jumlah guru PAUD yang mendapatkan insentif tersebut, Disdik memperkirakan mencapai 600 orang lebih.

BACA JUGA:   Sampit Kembali Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 6,0

Selain guru kontrak PAUD, itu yang juga menjadi perhatian Disdik yakni kesejahteraan operator sekolah yang belum mendapatkan jaminan menjadi tenaga kontrak Pemerintah Daerah.

“Mengangkat operator sekolah menjadi tenaga kontrak, ini juga jadi perhatian kita. Karena kunci dari pembangunan, khususnya pembangunan saklas kita ini sekarang melihat kepada Data Pendidikan,” ujarnya.

“Dan honor sekolah dari operator itu semua dari sekolah sehingga kesejahteraannya sangat kurang,” sambungnya.

BACA JUGA:   Dishub Kotim: Traffic Light Bermasalah di Kota Sampit Akan Diperbaiki Tahun Ini

Untuk menggaji tenaga honor guru masih melalui masing-masing sekolah, melalui dana yang diberikan sesuai kemampuan sekolah.

“Gaji tenaga honor guru sekolah bervariasi antara Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta, artinya berdasarkan kemampuan kondisi keuangan sekolah sendiri. Kalau di swasta melalui yayasan, kalau di sekolah negeri melalui dana BOS, beda dengan tenaga kontrak yang di gaji oleh Pemerintah Daerah yang berkisar Rp 2 jutaan,” tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id).