Kelompok Informasi Masyarakat di Kalteng Dinilai Sudah Mulai Baik

M.SLH/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi mengungkapkan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kalteng sudah mulai baik.

“Bulan depan kita akan berangkat ke pengurus KIM Jakarta untuk melakukan pengukuhan KIM Provinsi Kalteng, lalu dilanjutkan pengurus KIM di Kabupaten/Kota. Sehingga nanti pembinaan-pembinaan lewat KIM daerah tidak harus lewat kami,” jelas Agus Siswadi belum lama ini.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

Kelompok Informasi Masyarakat merupakan sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dimana Kelompok Informasi Masyarakat ini terbentuk atas inisiatif masyarakat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat tersebut sangat penting di tengah-tengah masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Terutama wilayah-wilayah kita yang seperti ini, dimana kita tahu banyak blank spot-blank spot di daerah. Paling tidak, ada KIM di kecamatan, sehingga desa-desa yang tidak terjangkau teknologi bisa disampaikan dan dipublikasikan dengan baik,” tuturnya.

BACA JUGA:   Rakordalev Digelar Untuk Mengetahui Ketercapaian Pembangunan Daerah

Dengan demikian, Agus mengambil salah satu contoh yang Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di Pulau Jawa. Dimana KIM dapat berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing daerah untuk menghidupkan ekonomi di wilayah sekitar. (M.Slh/beritasampit.co.id).